6 Tempat Ini Malah Makin Cantik Jika Dinikmati Malam Hari

ruangluas.com – Liburan tidak lengkap tanpa foto-foto dan diupload di media sosial. Namun kebanyakan tempat wisata hanya bagus menjadi bidikan kamera saat siang saja sehingga tak banyak traveler yang berfoto di objek wisata saat malam hari. Selain itu tak banyak pula tempat wisata yang buka hingga malam.

Namun ada beberapa landmark terkenal yang terlihat lebih cantik saat malam hari. Biasanya objek ini terlihat cantik karena bantuan dari sorot lampu yang meneranginya. Jadilah sebuah objek fotografi yang ciamik. Tak sedikit para fotografi hunter berburu gambar pada malam hari. Seperti di 6 tempat berikut yang nampak makin anggun saat malam hari.

1. Jembatan Suramadu, Surabaya

Semua pasti sudah tahu dengan Jembatan Suramadu. Jembatan yang menghubungkan kota Surabaya dengan pulau Madura ini telah 6 tahun menjadi landmark paling populer di Kota Pahlawan bahkan menjadi kebanggaan Indonesia. Jembatan Suramadu diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tahun 2009 setelah tujuh tahun sebelumnya proyek dimulai dan diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri.

Jembatan sepanjang lebih dari 5 kilometer ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dan semakin anggun saat malam tiba. Jembatan Suramadu akan dihiasi oleh lampu-lampu yang menambah keelokan pemandangan jembatan. Pendar lampu juga akan membuat penampakan jembatan jadi cantik untuk dijadikan objek jepretan kamera. Hampir sepanjang waktu baik siang atau malam banyak traveler yang datang hanya untuk melihat maupun memfoto jembatan ini.

2. Bukit Bintang, Yogyakarta

Bagi traveler yang berkunjung ke Yogyakarta dari arah timur via Gunung Kidul pasti melewati tempat ini. Bukit Bintang sebutan untuk daerah perbukitan di Pathuk sebelum masuk wilayah Bantul, Yogyakarta. Dari bukit ini traveler bisa leluasa melihat kota Yogya dari ketinggian. Ada dua waktu terbaik berkunjung ke Bukit Bintang yaitu saat senja dan malam.

Cobalah datang ke Bukit Bintang saat hari mulai menjelang senja. Ada pemandangan sunset yang menakjubkan di sana di mana matahari akan terlihat merah merona dengan bulatan besar yang menawan. Tetaplah di tempat hingga hari mulai gelap, dan lihatlah pemandangan kota Yogya yang secara berangsur-angsur berubah menjadi lautan cahaya berwarna-warni. Jangan lupa bawa kamera yang bagus untuk mengabadikan momen tersebut.

3. Batu Night Spectacular, Malang

Tempat wisata di Malang ini memang spesial disuguhkan untuk traveling di malam hari. Hal ini sudah terlihat dari pemberian namanya yaitu Batu Night Spectacular. So, jalan-jalan ke sana memang paling pas dilakukan saat malam dan tempat wisatanya pun memang mulai buka sore hingga malam hari.

Batu Night Spectacular berisi aneka bentuk lampion berwarna-warni. Ada lampion angsa, teratai dan bentuk-bentuk imut lainnya. Lampu lampion yang kontras dengan langit malam memberikan gradasi warna yang cantik jika di foto. Nah ini saatnya Anda hunting foto di sana, sambil berkeliling jangan melewatkan sesi berfoto dengan beraneka lampion cantik.

4. Gunung Banyak, Malang

Masih dari kawasan Batu, Malang melipirlah sedikit ke atas Gunung Banyak. Di sana ada resor cantik berupa Omah Kayu, fasilitas penginapan berupa rumah pohon yang unik. Resor ini berada di kawasan Paralayang Kota Wisata Batu tepatnya ada di Kecamatan Pujon.

Baik siang ataupun malam di Gunung Banyak ini menyuguhkan pemandangan yang spektakuler plus suasana yang sejuk. Namun khusus malam hari, traveler yang menginap di resor Omah Kayu akan dihadapkan dengan pamandangan yang istimewa berupa hamparan lampu-lampu Kota Batu yang mempesona. Inilah saat yang terbaik buat memfoto pemandangan Kota Batu di malam hari. Hasilnya dijamin keren!

5. Jembatan Ampera, Palembang

Palembang memiliki dua ikon yang saling berhubungan yaitu Saungai Musi dan Jembatan Ampera. Jembatan Ampera dibangun dalam rentang tahun 1962-1967 dengan dana dari rampasan perang Jepang. Jembatan ini melintas di atas sungai musi, uniknya Jembatan Ampera didesain dapat diangkat naik dan diturunkan untuk mengakomodir kapal yang melintas di bawahnya. Namun sejak tahun 1970 sistem naik turun jembatan tidak digunakan lagi dengan alasan mengganggu arus lalu lintas yang akan menggunakan jembatan.

Keindahan jembatan Ampera makin kentara saat malam hari. Puluhan lampu menghiasi jembatan ini membuat suasana di sekitar jembatan makin sempurna. Pemandangan istimewa ini sangat sayang jika tidak diabadikan dalam bingkai foto. So, jangan lupa membawa kamera jika jalan-jalan ke jembatan Ampera saat malam hari ya.

6. Bundaran HI, Jakarta

Tempat terakhir yang terlihat makin eksotis jika dinikmati pada malam hari adalah Bundaran HI, Jakarta. Jakarta sebagai kota megapolitan sekaligus ibu kota negara memang identik dengan gedung pencakar langit dan kota yang dipenuhi dengan lampu warna-warni yang terang. Saat malam Bundaran HI menjadi tempat yang paling ramai dikunjungi para fotografer baik pemula maupun yang profesional.

Paduan air mancur dan lampu yang berkilau saat malam di pusat kota Jakarta ini mampu menghipnotis siapa saja yang melintas di sana. Maka bukan hal yang mengherankan jika saat malam banyak terlihat orang-orang yang berkerumun membawa kamera masing-masing mulai dari kamera saku hingga kamera profesional.

Tidak semua tempat itu jelek jika di foto pada malam hari. Dengan bantuan pencahayaan dari sorot lampu bisa jadi tempat yang tadinya biasa pada siang hari malah berubah menjadi menakjubkan saat malam tiba.

Leave a Comment