7 Destinasi Wisata Buat Ngobatin Kangen Saat Pulang Kampung ke Kota Reog

ruangluas.com – Pulang kampung ke kota Reog saat lebaran selain bersilaturahmi ke rumah sanak famili berarti juga saatnya untuk mengobati kerinduan dengan kampung halaman setelah setahun merantau di negeri orang. Banyak tempat-tempat di tanah kelahiran yang menyimpan memori indah saat-saat muda yang sayang untuk dilewatkan.

Selain memiliki kesenian Reog yang terkenal hingga mancanegara, Ponorogo juga mempunyai beberapa objek wisata menarik yang siap menyambut kedatangan Anda dari tanah perantauan. Dihimpun Travelingyuk dari berbagai sumber, inilah 6 destinasi wisata di Kota Reog yang bisa dijadikan obat penawar rindu.

1. Telaga Ngebel

Ponorogo identik dengan kesenian Reog, bahkan beberapa waktu lalu kesenian asli dari kabupaten di Jawa Timur ini sempat di klaim oleh negara tetangga. Namun selain terkenal dengan Reognya, kota ini juga memiliki objek wisata ikonik berupa Telaga Ngebel. Namanya memang belum sepopuler Telaga Sarangan namun masalah keindahannya berani diadu.

Alamat: Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia

2. Air Terjun Pletuk

Mungkin selama masih menetap di kota Ponorogo Anda termasuk orang yang suka traveling mengunjungi tempat-tempat wisata yang sudah tenar maupun belum terjamah. Salah satunya adalah Air Terjun Pletuk, saat Anda pertama mengunjungi kawasan ini mungkin masih belum ada berbagai fasilitas pendukung seperti tempat parkir, musala atau bahkan toilet.

Alamat: Kranggan, Jurug, Sooko, Jurug, Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63482, Indonesia

3. Air Terjun Toyomerto

Air terjun ini berada di kecamatan yang sama dengan Telaga Ngebel dan berjarak 7 km dari telaga tersebut. Toyomerto merupakan obyek wisata alam yang ada di Ponorogo berupa air terjun yang memiliki dua tingkat. Masing-masing tingkatan memiliki ketinggian 25-30 meter. Tidak seperti air terjun Pletuk yang sudah dikelola dengan baik, air terjun ini masih alami dan belum sepenuhnya dikembangkan sebagai obyek wisata komersil. Tempat ini cocok untuk Anda yang ingin bernostalgia dengan masa-masa muda.

Alamat: Desa Pupus, Kecamatan Ngebel, Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia

4. Taman Wisata Ngembang

Obyek wisata Ponorogo selanjutnya yang bisa dijadikan obat penawar rindu kampung halaman adalah Taman Wisata Ngembang yang juga berada tak jauh dari pusat kota. Taman wisata ini hanya berjarak 3 kilometer dari pusat kota ke arah timur tepatnya ada di Kecamatan Siman. Inilah tempat rekreasi menyenangkan untuk menghabiskan hari libur bersama keluarga.

Alamat: Jl. Halim Perdana Kusuma, Siman, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63471, Indonesia

5. Gunung Gajah

Gunung Gajah adalah salah satu ikon di Ponorogo terutama mereka yang menyukai kegiatan outdoor. Di sini, traveler bisa melakukan kegiatan pendakian tipis-tipis sembari menikmati keindahan alam sekitar yang serba hijau. Dengan ketinggian 1200 mdpl, kawasan ini juga memiliki udara yang sejuk dan cocok untuk menyegarkan pikiran.

Alamat: Munggu, Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63462, Indonesia

6. Gua Lowo

Bagi Anda yang dulu suka bertualang, manfaatkan libur lebaran untuk napak tilas kembali ke spot-spot keren di Ponorogo yang dulu pernah Anda sambangi bareng teman-teman. Salah satu yang sayang untuk dilewatkan adalah Gua Lowo di Kecamatan Sampung sekitar kurang lebih 20 kilometer dari pusat kota. Dalam bahasa Jawa, Lowo berarti kelelawar, nama ini diberikan karena di dalam gua banyak terdapat ribuan kelelawar.

Gua Lowo merupakan situs purbakala di mana pada zaman Mesolithikum gua ini menjadi rumah bagi manusia purba. Banyak benda prasejarah seperti alat-alat yang terbuat dari batu dan tulang hewan. Perhatikan untuk selalu menjaga kebersihan sekitar situs selama berkunjung ke sana.

Alamat:Sampung, Ponorogo Regency, East Java 63454, Indonesia

7. Kintamani Waterpark

Berada tak jauh dari pusat kota tepatnya beralamat di Jl. Ki Ageng Kutu 9, Siman, Ponorogo terdapat sebuah taman wisata air bernama Kintamani Waterpark. Ini merupakan spot favorit warga Ponorogo untuk nongkrong dan rekreasi bersama keluarga. Selain itu beberapa acara organisasi dan konser juga pernah diselenggarakan di sana.

Alamat: Jl. Ki Ageng Kutu No.9, Siman, Kec. Ponorogo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur 63471, Indonesia

No. telepon: +62 352 484536

Itulah enam tempat wisata di Ponorogo yang akan mengobati dahaga kerinduan Anda saat pulang kampung.

Leave a Comment