8 BUMN Sepakat Dukung Upaya Pemerintah Capai Target Net Zero Emission di 2060

ruangluas.com – >

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) bertekad menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara produsen energi hijau dengan menyokong secara optimal upaya Pemerintah RI mencapai target Net Zero Emission di 2060 dan transisi energi berkelanjutan.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pihaknya perlu memaksimalkan peluang yang ada dan terus mendorong seluruh BUMN memiliki alur yang tepat menuju Net Zero Emission 2060, sehingga ke depan bisa memanfaatkan energi ramah lingkungan dengan persentase mencapai 100 persen.

“Kami berharap para BUMN dapat menjalani prinsip ekonomi hijau dalam bertransformasi dan menjadi contoh baik bagi masyarakat Indonesia,” ujar ErickThohir dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/10/2022).

Untuk itu, sesuai arahan Erick Thohir, ID Survey, bersama tujuh BUMN lainnya; PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), Perum Perhutani, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Perkebunan Nusantara III (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Semen Indonesia (Persero) mendukung usaha Pemerintah Indonesia guna mencapai Nationally Determined Contribution (NDC) guna mencapai target Net Zero Emission di 2060 dengan melakukan penandatangan Letter of Intent Pelaksanaan Pilot Voluntary Carbon Market (VCM) BUMN pada hari ini di Nusa Dua Convention Center, Denpasar, Bali.

Wakil Menteri BUMN I Pahala Nugraha Mansury mengatakan, selain meningkatkan kemampuan masing-masing, para BUMN perlu melakukan kolaborasi untuk membentuk suatu ekosistem yang bertujuan menghasilkan prinsip ekonomi hijau.

“Saat ini, walaupun Indonesia belum bisa mengembangkan beberapa teknologi terkait dekarbonisasi karena pengetahuan dan kemampuan yang terbatas, maka perlu juga berkolaborasi dengan negara lain yang sudah lebih mampu,” kata Pahala.

Dukungan ke-8 BUMN tersebut berupa komitmen untuk berkontribusi nyata dengan melakukan inisiatif dekarbonisasi, serta akan melaksanakan pilot project carbon trading khusus antar BUMN yang dalam pelaksanaannya akan bersinergi dan mengikuti panduan dan aturan dari Kementerian/Lembaga terkait.

Capaian target Pemerintah RI sebagai Negara Energi Hijau nanti yang dibantu berbagai pihak, khususnya BUMN, akan bisa menjawab tantangan bagi Indonesia sebagai bagian dari negara G20 dengan melakukan transformasi dari energi kotor menjadi energi bersih dengan memanfaatkan efisiensi energi terbarukan.

Leave a Comment

Ruangluas.com