Anggota DPR harap Indonesia mampu tingkatkan kemampuan ekspor

ruangluas.com – Anggota Komisi VI DPR RI Gde Sumarjaya Linggih berharap Indonesia mampu meningkatkan kemampuan ekspor produk dalam negeri hasil produksi UMKM, khususnya di Bali, sehingga sektor perdagangan bisa tumbuh positif dan mendorong Indonesia menjadi negara maju.

“Semoga negara kita mampu lebih banyak dalam mengekspor produknya sehingga kita berjaya, perdagangan kita bisa positif, akhirnya Indonesia akan maju, terutama Bali,” kata Demer, sapaan akrab Gde Sumarjaya Linggih, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut Demer, masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Bali merupakan sosok yang kreatif dan inovatif sehingga dia meyakini mereka mampu menghasilkan produk-produk inovatif serta kreatif yang mengikuti perubahan zaman sehingga nantinya akan diminati oleh seluruh dunia.

Hal tersebut ia sampaikan usai menghadiri Forum Koordinasi Pengembangan Ekspor Fasilitasi UKM Go Global di Denpasar Bali yang digelar oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI di Bali, Jumat (14/10).

Acara tersebut membahas tentang cara-cara ekspor dan cara agar produk UMKM bisa menjadi komoditas ekspor. Dalam kesempatan itu, terdapat ratusan peserta dari kalangan pelaku UMKM dan mahasiswa. Selain itu, hadir pula tokoh milenial Bali dan pengusaha muda Arsa Linggih.

Demer mengaku senang atas antusiasme anak muda yang mendaftar dalam acara tersebut.

“Ini menggembirakan hati saya, yang awalnya saya perkirakan 100 orang (yang mendaftar), namun ternyata mencapai 170 orang yang berminat mendengar dan menimba ilmu tentang ekspor ini,” ucap dia.

Ia lalu menyampaikan komitmennya untuk terus mendorong dan memfasilitasi peningkatan kapasitas pelaku UMKM di Bali agar bisa mendunia dengan menembus pasar ekspor.

Demer mengatakan bahwa pihaknya, dalam hal ini Komisi VI DPR RI dan pihak-pihak lain yang terkait dengan pengembangan ekspor yang diajak bekerja sama, ingin memberikan edukasi dan pemahaman kepada para pelaku UMKM yang rata-rata adalah anak muda yang benar-benar ingin menjadi pemasar dan pengekspor tangguh.

Leave a Comment

Ruangluas.com