Apa-Apaan Ini, di Peru Ada Festival Berantem Super Duper Aneh!

ruangluas.com – Ingin melihat festival paling aneh sedunia? Datanglah ke Peru saat Natal, di salah satu daerah di Peru memiliki festival berantem hingga berdarah, namanya Takanakuy. Saat menghadiri acara ini maka gambaran Anda tentang sebuah festival yang meriah berupa parade atau karnaval akan sirna seketika.

Adalah kota kecil di dekat Situs Warisan Dunia UNESCO, Machu Picchu bernama Cusco yang memiliki festival aneh ini. Dilansir Travelingyuk dari BBC, kota kecil tersebut memiliki festival bernama Takanakuy. Arti kata tersebut adalah “ketika darah mendidih” sesuai dengan kegiatan festivalnya yang berisi orang berantem hingga berlumuran darah.

Dalam festival ini akan ada dua orang yang masuk dalam lapangan dan melakukan adu jotos dengan gaya tarung bebas dan tanpa senjata kecuali tangan kosong. Pesertanya pun tidak dibatasi pada kauh Adam saja, baik pria maupun wanita bisa turus ambil bagian dalam festival ini. Namun aturan mainnya tidak sembarangan keroyokan malinkan satu lawan satu.

Peserta diperbolehkan memukul, menendang hingga mendorong namun tidak diperkenankan untuk menggigit, menjambak atau memukul lawan yang sudah terjatuh. Untuk memastikan semua aturan dapat ditaati maka dalam pertandingan adu jotos itu ada wasit yang mengawal. Ternyata tujuan diadakannya festival ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan antara kedua peserta. Inilah cara masyarakat Cusco menyelesaikan masalah agar tidak ada dendam nantinya. Setelah beramtem mereka akan berpelukan dan berjabat tangan.

Festival aneh ini selalu diselenggarakan pada tanggal 25 Desember setiap tahunnya atau bertepatan dengan hari Natal. Wisatawan yang datang untuk menyeksikan festival tersebut menyebutnya dengan “Peru’s Christmas Fighting Festival”. Mungkin banyak yang menganggap ini festival paling aneh namun sebenarnya ada nilai luhur di dalam festival ini.

Leave a Comment