Bansos untuk Disabilitas Cair Desember 2022, Totalnya Capai Rp 55 Miliar

ruangluas.com – Kementerian Sosial ( Kemensos ) bakal menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada penyandang disabilitas. Bantuan ini rencananya bakal cair pada Desember 2022.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, nilai bansos yang bakal diberikan lebih besar dibanding bansos pada umumnya. Dia menyatakan, total keseluruhan dana untuk penyandang disabilitas ini mencapai Rp 55 miliar.

“Nanti Desember kita akan berikan khusus yang juga nilainya khusus, lebih tinggi dibandingkan bansos yang lain. Nah itu kita berikan mulai bulan Desember,” kata Risma saat ditemui di Kemensos, Jakarta Pusat, Senin (17/10/2022).

Risma mengungkapkan, nantinya, penyandang disabilitas akan mendapat bantuan berupa makanan dengan nilai Rp 21.000 per hari sepanjang Desember 2022.

Anggaran berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang sudah disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Target penerima bansos ini mencapai 84.434 keluarga penerima manfaat (KPM). Bansos akan diberikan dalam bentuk makanan (permakanan).

“Yang jelas mereka mendapatkan Rp 21.000 per hari dikali jumlah hari. Kalau ada 31 (hari dalam sebulan), ya (dapat) 31 hari. Kalau 30 hari, 30 (dikali Rp 21.000),” beber Risma.

Lebih lanjut Risma menuturkan, pembagian bansos berupa makanan kepada penyandang disabilitas adalah salah satu upaya memberdayakan disabilitas.

Selain itu, pihaknya tengah melakukan kampanye besar-besaran agar tidak adanya pemasungan terhadap penyandang disabilitas mental.

“Tidak ada lagi pemasungan. kita gencar-gencarnya melakukan campaign itu sehingga kita bisa bebaskan pada tahun 2021 ada 4.000 lebih yang dipasung, dan tahun ini sudah 4.000 lebih juga kita lakukan pembukaan pemasungan itu. Ini adalah upaya-upaya kami menangani disabilitas,” ucap Risma.

Leave a Comment