Bertemu Dorna Sports, Erick Thohir Pastikan Sirkuit Mandalika Lebih Siap Gelar MotoGP 2023

ruangluas.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan Pertamina Mandalika International Circuit di Nusa Tenggara Barat akan lebih siap menggelar Seri MotoGP 2023.

Ditemui di Sarinah, pada Rabu (19/10/2022) malam, Erick bersama CEO Dorna Sports , Carmelo Ezpeleta dan Chief Sporting Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta mengatakan, event MotoGP musim kedua di Indonesia akan dimaksimalkan, agar lebih seru, menarik, dan memuaskan banyak pihak.

“Saya hari ini menerima kedatangan Dorna Sports untuk memastikan kesiapan kita menjadi bagian dari seri MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika pada bulan Oktober. Sudah tentu kita akan siapkan yang terbaik, mulai dari aspalnya, lokasi parkir, dan perbesar tribun penonton agar jauh lebih memuaskan pebalap, sponsor, dan penonton,” ujar Erick.

Mantan Presiden Inter Milan itu menambahkan, pihak Dorna sangat puas atas penyelenggaraan MotoGP tahun lalu yang mampu mendatangkan sekitar 60.000 penonton. Oleh sebab itu, Erick mendorong agar event kali ini tak sekadar balap, tapi juga menjadi destinasi wisata yang dinantikan.

“Penyelenggaraan event olahraga seperti MotoGP harus terus ada perbaikan, peningkatan kesiapan, agar ajang ini tak hanya sekadar lomba balap motor, tapi menjadi destinasi wisata yang dinantikan banyak pihak,” kata Erick.

Dengan mendorong evet dunia tersebut, diharapkan juga mampu memberikan multiplier effect sehingga akan ada banyak sektor terangkat, seperti ekonomi daerah, UMKM, perhotelan, dan sebagainya.

Erick juga berharap MGPA sebagai pengelola Sirkuit Mandalika dapat terus meningkatkan kesiapan sirkuit dan sarana pendukungnya. Terutama dikaitkan dengan penyelengaraan FIM World Superbike Championship yang akan digelar di Pertamina Mandalika Circuit pada 11-13 November 2022.


“Ini jadi kali kedua Sirkuit Mandalika menggelar ajang balap WSBK. Setelah WSBK berlangsung, ada ajang besar, yakni G20 di Bali, sehingga harus dipikirkan bagaimana agar para peserta G20 dari berbagai negara itu bisa langsung menikmati balapan, sekaligus titik-titik destinasi wisata sehingga akan ada kesinambungan,” jelas dia.

Carlos Ezpeleta mengatakan, pihaknya sangat senang dengan keberhasilan acara sebelumnya, termasuk WSBK dan MotoGP di Indonesia. Oleh karena itu, pihaknya akan kembali berkolaborasi di musim kedua ini. Dia berharap kolaborasi dan persiapan event tersebut bisa lebih baik dari sebelumnya.

“Kami sangat bahagia di terima oleh Pak Erick, dan senang bisa kembali lagi ke Indonesia setelah sukses pada event Superbike pertama November tahun lalu, dan MotoGP di Maret ini. Kami akan melanjutkan untuk mempersiapkan semuanya termasuk MotoGP dan Superbike di Mandalika, di mana Superbike akan dimulai sebulan lagi, dan di awal tahun depan. Persiapan sangat penting sebelum MotoGP diselenggarakan pada 22 Oktober tahun depan. Kami harap kolaborasi ini bisa dilanjutkan,” jelas Carlos Ezpeleta.

Leave a Comment