Bertemu Pimpinan Bank Dunia, Sri Mulyani: Senang Rasanya Dapat Berbincang Santai Bersama…

ruangluas.com – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bertemu dengan koleganya di sela-sela rangkaian pertemuan tahunan IMF-World Bank di Washington DC, Amerika Serikat pada Sabtu (15/10/2022) kemarin.

Di antaranya, bertemu dengan dua perempuan petinggi World Bank ( Bank Dunia ) yakni Regional Vice President for East Asia and Pacific Bank Dunia Manuela V. Ferro dan Vice President for Human Development Bank Dunia, Mamta Murthi.

Pada pertemuan itu, Sri Mulyani membahas berbagai agenda penting Indonesia. Mulai dari perkembangan dan prospek makroekonomi, reformasi sektor keuangan yang sedang dilakukan Indonesia melalui Rancangan Undang-Undang Penguatan dan Pengembangan Sektor Keuangan (PPSK), instrumen harga karbon mengingat RI akan menerapkan perdagangan dan pajak karbon.

“Senang rasanya dapat berbincang santai bersama, namun tetap berisikan berbagai informasi yang menambah insight kita terhadap perkembangan makro ekonomi dan prospeknya ke depan secara global,” ungkapnya seperti dikutip dari akun Instagram resminya @smindrawati, Senin (17/10/202).

“Saya pun turut menyampaikan kinerja perekonomian tanah air yang terus berlanjut dan menguat,” imbuhnya.

Sri Mulyani mengatakan, pada pertemuan itu dirinya berkesempatan mencari informasi program dari Bank Dunia untuk mengatasi masalah perubahan iklim dan kemajuan mencapai Sustainable Development Goals 2030.

Sebab hal itu sejalan dengan komitmen Indonesia untuk mengatasi perubahan iklim dan mencapai ekonomi hijau.

Dirinya pun mendorong Bank Dunia untuk mendukung reformasi struktural terkait transisi menuju ekonomi rendah karbon di Indonesia.

“Terutama dalam beberapa isu utama terkait climate budget tagging, harga karbon, dan energy transition mechanism,” kata Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.

Selain membahas kondisi Indonesia, pada pertemuan itu dibahas pula kesiapsiagaan pandemi dan Dana Perantara Keuangan (Financial Intermediary Fund/FIF) yang dikelola Bank Dunia, serta sistem perlindungan sosial.

Sri Mulyani mengapresiasi berbagai dukungan yang diberikan Bank Dunia, salah satunya dalam reformasi perlindungan sosial Indonesia, termasuk inisiatif baru untuk memberikan perlindungan sosial untuk mengatasi aging population. Pemerintah Indonesia pun mengharapkan kerja sama ini terus berlanjut dan menguat.

Leave a Comment

Ruangluas.com