Biar Liburanmu ke Flores Makin Pede, Baca Dulu Tipsnya

ruangluas.com – Daerah-daerah di Indonesia timur rata-rata memiliki karakteristik iklim yang lebih kering sehingga akan menguras tenaga traveler setiap kali menjelajahi daerah-daerah di sana termasuk Flores. Selain itu wilayahnya yang terdiri dari pulau-pulau terpisah membuat akses dari satu destinasi ke destinasi lain akan memakan waktu yang lebih lama serta biaya yang besar.

Belum lagi transportasi yang terbatas dan penginapan yang minim adalah beberapa tambahan tantangan yang harus dihadapi traveler yang berlibur ke sana. Agar tidak kaget dan tetap pede saat ingin traveling ke Flores sebaiknya Anda baca dulu tips berikut ini.

1. Buat Itinerary yang Rinci dan Urutkan Berdasarkan Jarak Tempuh

Cara paling efektif dan efisien menjelajahi daerah yang luas dan berpulau-pulau adalah dengan cara menyusuri. Artinya traveler harus mempelajari daerah tujuan sebelum mendatanginya, catat pula lokasi spesifik serta rute destinasi yang hendak di sambangi. Kemudian urutkan destinasi tersebut berdasarkan jarak, lebih baik mengurutkannya dari jarak yang paling jauh ke yang terdekat.

Menyusun itinerary sekaligus rute perjalanan sangat membantu agar traveler tidak bolak-balik yang akhirnya hanya membuang-buang waktu di perjalanan dan membuat lelah. Selain itu traveler tidakperlu membuang dana berlebih hanya untuk menyusuri jalan menuju destinasi wisata baru yang memiliki rute sama dengan destinasi sebelumnya. Pastikan pula jumlah tempat wisata tujuan Anda sebanding dengan lama waktu liburan yang Anda miliki, artinya jangan sampai membuat daftar yang banyak namun waktu libur Anda terbatas.

2. Hitung Dengan Teliti Perkiraan Dana Liburan di Flores

Berkunjung ke Pulau Komodo, diving serta snorkeling merupakan beberapa kegiatan utama yang selalu masuk dalam daftar kegiatan setiap traveler yang ke Flores. Untuk mewujudkan semua itu ternyata dibutuhkan dana yang tidak sedikitjadi jangan harap bisa pelit jika liburan ke sana. Biar tidak kaget berikut Travelingyuk berikan gambaran berbagai tarif di sana.

Tiket transportasi menuju NTT beragam tergantung dari mana Anda akan berangkat. Namun sesampainya di Bima, traveler butuh kapal feri untuk menyeberang ke Labuan Bajo, biasanya harga tiket per orang Rp. 50.000. Di Labuan Bajo terdapat berbagai penginapan mulai dari Rp. 150 ribuan. Sekali makan bisa habis Rp. 20.000 sudah sekalian dengan minum.

Mau ke Pulau Komodo? Dari Labuan Bajo harus menyewa kapal dengan harga minimal Rp. 2 juta dan hanya muat 5 orang. Kapal yang lebih besar bisa mencapai puluhan juta. Tipsnya ajak traveler lain untuk berada dalam satu kapal agar biaya bisa ditanggung dengan patungan. Jika pingin snorkeling ada penyewaan alat yang ditarif dengan harga Rp.75 ribu sehari, jika mau diving lebih mahal lagi sekitar Rp. 2 juta. Nah, mulailah menghitung berapa kira-kira dana yang Anda butuhkan.

3. Tips Memilih Penginapan di Flores

Belum banyak pilihan penginapan di Flores sehingga satu hal ini perlu Anda perhatikan jauh-jauh hari agar sesampainya di sana tidak keleleran. Meski tidak banyak namun ada beberapa pilihan penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam di sana. Mulai dari penginapan bertarif backpacker hingga yang berbintang. Sebelumnya Anda bisa mencari info penginapan melalui situs pencarian traveling Tripadvisor. Seperti dilansir Travelingyuk dari situs serupa berikut ini beberapa penginapan pilihan.

Traveler yang mencari penginapan murah bisa datang ke Pondok SVD di Riung, harga kamar permalamnya mulai dari Rp. 190 ribu. Jika mencari yang bertarif 300 ribuan ada banyak pilihan antara lain Centro Bajo Hotel & Resto di Jl Soekarno Hatta, Labuan Bajo, penginapan Bayview Gardens di Jl Puncak Waringin, Labuan Bajo, dan Hotel Happy Happy di kawasan Bajawa.

Yang punya dana berlebih dan ingin nyaman tinggal pilih hotel berbintang saja. Misalnya Bintang Flores Indonesia sebuah hotel bintang 5 di Labuan Bajo yang ada di Jl Pantai Pede. Harga permalamnya mulai dari Rp.900 ribu. Ada lagi The Jayakarta Suites Komodo di Jl Pantai Pede Km 5, Labuan Bajo dan Kelimutu Crater Lakes Eco Lodge di Moni, Ende yang harga menginapnya mulai dari Rp.700 ribu.

4. Pilih Transportasi yang Sesuai dengan Budget Anda

Transportasi memegang peranan yang sangat penting dalam traveling. Dengan alat transportasi ini Anda bisa menjangkau daerah-daerah tujuan berlibur Anda. Untuk menuju Flores traveler bisa memilih tiga jenis alat transportasi yaitu Bus, Pesawat dan Kapal. Setiap jenis transportasi tersebut tentu memiliki tarif yang beragam jadi pilihlah yang sesuai dengan budet Anda. Yang termurah adalah naik bus namun butuh waktu yang lama untuk sampai di lokasi.

Jika ingin mengefisienkan waktu pilih saja pesawat terbang. Ada tiga tujuan di Flores untuk mendarat yaitu Bandara H Hasan Aroeboesman, Flores, Bandara Komodo, Labuan Bajo dan Bandara Wai Oti, Maumere. Maskapai yang melayani penerbangan ke Flores antara lain Merpati dan Lion Air, namun jangan lupa untuk mencari tiket promo, banyak kog promo tiket jika Anda rajin mencari di internet.

5. Selalu Ramah Pada Penduduk Lokal

Sebagai pendatang baru traveler sebaiknya bersikap ramah kepada penduduk asli Flores. Dengan begitu mereka juga akan ramah terhadap traveler. Penduduk Flores memang terkenal sangat ramah dan terbuka terhadap pendatang. Mereka akan menebar senyum kepada orang asing yang ditemui dan menyapa saat berpapasan.

Sebagai pendatang Anda juga harus bisa bersikap ramah dan sopan. Balas sapaan mereka dengan jawaban ramah dan senyuman ringan. Masyarakat Flores tidak akan segan untuk membantu Anda jika mendapat kesulitan. Bahkan mereka siap untuk memberikan tumpangan jika Anda sulit mendapatkan kendaraan.

Destinasi Flores sudah dicatat, tips dan triknya juga sudah dipelajari. Kini saatnya mewujudkan mimpi berlibur ke Flores, Lest Go!

Leave a Comment