“Bukit Pasir Hidup”, Memakan Apa Saja yang Ada di Hadapannya

ruangluas.com – Selama ini orang-orang hanya tahu keberadaan tentang lumpur hidup yang bisa menyedot orang yang terjebak di dalamnya ke dalam bumi. Lain halnya orang-orang di Prancis, mereka lebih mengenal adanya “bukit pasir hidup” yang mampu “memakan” apa saja yang ada di dekatnya.

Kejadian ini bukanlah dongeng semata, sebab di kota Bordeaux ada sebuah gunungan pasir bernama The Great Dune of Pyla yang menjulang setinggi 107 meter dan bervolume 60 juta meter kubik pasir. Bukit pasir raksasa ini benar-benar hidup dan bergerak setidaknya sejauh 4,9 meter per tahun.

Selama kurun waktu 57 tahun gurun pasir mini ini telah bergerak sejauh 280 meter, tentu dengan meninggalkan korban berupa runah dan properti lain yang termakan bukit ini. Pergerakan bukit ini tidak bisa dipastikan arahnya sebab hal ini tergantung dengan arah angin dan kondisi iklim di sana.

Pasirnya yang berlimpah mejadikannya arena sand boarding yang menantang. Traveler tinggal memilih mau menikmati pemandangan di sekitar bukit atau bermain pasir di bukitnya. Yang jelas semuanya sangat menyenangkan. Traveler bisa pula menghabiskan senja di bukit ini dengan menikmati keindahan matahari terbenam di Teluk Archocon.

Leave a Comment