Danau Terjernih di Dunia, Ada di Selandia Baru

ruangluas.com – Coba Anda bayangkan jika melihat danau yang memiliki kedalaman hingga puluhan meter hingga dasar danaunya pun terlihat jelas. Danau yang dimaksud adalah Blue Lake di Selandia Baru yang airnya sangat jernih.

Negeri yang mandapat julukan ‘Negeri Hobbit’ ini memang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Selandia Baru sangat beruntung, banyak pegunungan, lembah dan pantai yang menawan dan sering dijadikan lokasi syuting film Box Office. Salah satu yang sedap dipandang mata adalah Blue Lake yang masih berada di Nelson Lakes National Park.

Ditelusuri dari situs New Zealand Tourism, sebuah penelitian dari National Institute of Water and Atmospheric Research (NIWA) di Selandia Baru, membuktikan bahwa kejernihan air di danau ini memiliki daya pandang mencapai 80 meter.

Selanjutnya, penelitian lebih lanjut menggunakan sistem penyulingan air dan hasilnya, air di Blue Lake belum tercemar sama sekali. Sejak itu, pemerintah Selandia Baru mulai berani menyebut danau itu sebagai danau terjernih sedunia.

Air danau ini bisa membuat takjub bagi siapa saja yang melihatnya. Dari permukaan danau, akan tampak batuan dan tumbuhan bawah air yang keren. Air danaunya berwarna biru keunguan dan yang membuat danau ini memiliki air terjernih, karena Blue Lake adalah daerah pertemuan antara dua danau gleyser.

Danau yang dikelilingi pegunungan dan hutan rimbun ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi selama 2 jam dari kota Nelson, yang menjadi kota terdekat. Nama asli danau ini adalah Ngati Apa Iwi As Rotomairewhenua yang berarti air yang penuh dengan kedamaian. Traveler yang pernah ke danau ini memang merasakan kedamaian jika melihat danau secara langsung.

Leave a Comment

Ruangluas.com