Dari Pada Tidur Mending Lakukan 5 Kegiatan Ini Selama Ramadan

ruangluas.com – Traveler bisa menyesuaikan kegiatan traveling selama bulan Ramadan tanpa harus meliburkannya. Berbagai kegiatan sarat akan nilai religi patut untuk dicoba selama bulan puasa. Mulai dari i’tikaf, menelusuri jejak Wali Songo atau bahkan menelusuri jejak-jejak Islam di dunia adalah beberapa kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan selama Ramadan.

Umumnya selama Ramadan umat Islam akan meningkatkan kegiatan ibadah mereka untuk mencapai pribadi yang lebih bertakwa. Tujuan ini tetap bisa dicapai sembari jalan-jalan asal traveler bisa memilih dan menyesuaikan baik lokasi traveling dan kegiatan yang akan dilakukan. Namun tak sedikit pula dari mereka yang lebih memilih berdiam di rumah sambil tidur dengan alasan lapar dan haus. Ketimbang tidur di rumah mending lakukan 5 kegiatan ini selama Ramadan.

1. I’tikaf

Kegiatan yang menjadi favorit traveler muslim selama Ramadan adalah Itikaf. Dalam Islam, itikaf merupakan bagian dari ibadah yang dianjurkan di bulan Ramadan. Pada hakikatnya itikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dengan tujuan mendekatkan diri kepada Allah SWT dan mencari keridhaan-Nya.

2. Menelusuri Jejak Wali Songo

Tujuan traveling bisa disesuaikan dengan kebutuhan, selama Ramadan mungkin traveler bisa mengambil tur religi seperti menelusuri jejak Wali Songo. Kita tahu bahwa tokoh yang paling berjasa dalam menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa adalah Wali Songo. Mereka memulai dakwah pada abad ke-14 di berbagai daerah di Jawa.

3. Mengenal Islam dan Kitabnya di Bayt Al Quran, TMII

Bayt Al Quran atau berarti Rumah Al Quran merupakan bangunan di Taman Mini Indonesia Indah yang menyimpan semua karya terkenal para ulama dan intelektual muslim Nusantara sejak abad ke-17 hingga abad ke-20. Di sinilah tempatnya jika Anda ingin melihat warisan budaya berupa musyaf, manuskrip Al Quran, seni rupa Islami dan masih banyak lagi.

4. Umrah

Tak sedikit umat Islam yang memilih melakukan umrah di bulan suci Ramadan. Arab Saudi sendiri memang terkenal sebagai destinasi internasional untuk wisata muslim. Di negara ini lah terdapat Ka’bah yang menjadi kiblat salat umat Islam di seluruh dunia.

5. Napak Tilas Jejak Islam di Eropa

Kegiatan traveling lain yang menyenangkan sekaligus bernilai religi adalah berkeliling negara-negara di Eropa yang memiliki jejak sejarah kejayaan Islam. Seperti diketahui pada masa Dinasti Ottoman, Islam berkembang pesat hingga ketiga benua termasuk Eropa.

Itulah kegiatan religius yang bisa dilakukan sambil traveling di bulan Ramadan, semoga bermanfaat.

Leave a Comment