Dialog dengan Diaspora RI di Singapura, Wapres: Terus Berkarya, Jaga Kekompakan

ruangluas.com – Wakil Presiden Ma’ruf Amin berdialog dengan warga negara Indonesia (WNI) atau diaspora Indonesia yang tinggal di Singapura, Selasa (18/10/2022) siang.

Dalam pertemuan yang digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura itu, Ma’ruf berpesan agar para diaspora terus berkarya dan mendukung pembangunan di Tanah Air.

“Pemerintah senantiasa mendorong untuk masyarakat Indonesia di luar negeri terus berkarya, berprestasi, serta menjaga kekompakan dan silaturahmi antara satu dengan yang lain sambil terus memberikan dukungan di tanah air, ini harapan pemerintah,” kata Ma’ruf, Selasa, dikutip dari siaran pers.

Ma’ruf mengatakan, salah satu cara yang dapat dilakukan para diaspora untuk mendukung pembangunan adalah berbagi pengalaman dengan sesama diaspora.

Ia mengatakan, diaspora Indonesia dapat memberikan solusi terhadap tantangan yang dihadapi Indonesia melalui pengalaman mereka di luar negeri.

“Pengalaman dan kiat-kiat sukses saudara-saudara sekalian itu menjadi semacam sumbangan ilmu pengetahuan, sumbangan pemikiran. Kalau bahasa agamanya jadi sedekah ilmu untuk para pelaku bisnis di tanah air,” ujar Ma’ruf.

Selain itu, ia berpesan agar para diaspora membawa citra baik Indonesia selama di luar negeri.

Adapun jumlah WNI di Singapura diperkirakan sekitar 250.000 orang atau hampir 5 persen dari jumlah penduduk Singapura.

Pertemuan antara Ma’ruf dan para diaspora juga dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Duta Besar RI untuk Singapra Suryo Pratomo, serta pejabat di lingkungan Sekretariat Wakil Presiden dan KBRI Singapura.

Ma’ruf tengah melakukan kunjungan kerja di Singapura guna menemui Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong.

Leave a Comment