Enam anggota Politbiro CPC temui konstituen

ruangluas.com – Enam anggota Biro Politik Komite Sentral ke-19 Partai Komunis China (CPC) telah menemui konstituennya masing-masing di sela-sela Kongres Nasional ke-20.

Mereka menemui konstituennya dalam waktu yang hampir bersamaan, menurut informasi dari pusat media Kongres Nasional ke-20 CPC di Beijing, Rabu.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal CPC Xi Jinping bertemu dengan konstituennya dari Daerah Otonomi Guangxi.

Pemimpin tertinggi partai berkuasa itu, yang juga menjabat Presiden China, mendapatkan dukungan mayoritas dari daerah otonomi yang banyak dihuni etnis Zhuang tersebut dalam kongres tingkat daerah pada April lalu.

Politbiro Komite Sentral ke-19 yang merupakan jajaran elite Komite Sentral CPC periode 2017-2022 beranggotakan tujuh orang dengan menempatkan Xi Jinping pada ranking pertama.

Li Keqiang, yang menduduki peringkat kedua diPolitbiro dengan jabatan di partai sebagai sekretaris dan jabatan di pemerintahan sebagai perdana menteri, telah menemui konstituennya dari Provinsi Gansu pada Senin (17/10) atau sehari setelah pembukaan Kongres Nasional ke-20.

Dia menyerukan kadernya itu untuk bekerja secara nyata dan penuh tanggung jawab dalam membangun China sebagai negara sosialis modern di semua lini.

Li Zhanshu, peringkat ketiga diPolitbiro yang menjabat Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC), menemui konstituennya dari Provinsi Sichuan.

Ketua DPR China itu menyerukan upaya bersama menuju masa depan negaranya.

Lalu Wang Yang bertemu dengan delegasi CPC dari Daerah Otonomi Tibet yang terpilih untuk menghadiri kongres partai lima tahunan tersebut.

Menurut Ketua Majelis Penasihat Politik Rakyat China (CPPCC) atau MPR-nya China itu, warga Tibet telah menikmati pembangunan terbaik dan perubahan terbesar dalam satu dekade terakhir.

Sementara tiga anggota Politbiro lainnya, yakni Wang Huning, Zhao Leji, dan Han Zheng telah menemui konstituennya masing-masing dari Provinsi Guizhou, Daerah Otonomi Mongolia Dalam, dan Provinsi Hainan.

Keenam anggota Politbiro angkatan ke-19 tersebut menegaskan kembali laporan yang disampaikan oleh Xi Jinping pada saat pembukaan dan realisasi pembangunan yang telah dicapainya dalam 10 tahun terakhir.

Jika dilihat nama-nama anggota Politbiro yang dimunculkan dalam sosialisasi dengan konstituennyadi sela-sela kongres, kemungkinan struktur keanggotaan Politbiro Komite Sentral ke-20 CPC atau periode lima mendatang tidak ada perubahan.

Namun beradar pula nama-nama jajaran Politbiro ke-20, yakni Xi Jinping, Wang Huning, Zhao Leji, Li Qiang, Li Xi, Chen Min’er, dan Ding Xuexiang.

Nama-nama itu telah dimunculkan bersama nama-nama calon anggota tetap dan anggota pengganti Komite Sentral ke-20 CPC yang telah disetujui dalam sidang kedua Presidium Kongres yang dipimpin oleh Xi Jinping, Selasa (18/10).

Biro Politik atau Politbiro merupakan badan tertinggi Komite Sentral. Ketentuan keanggotaan Politbiro telah berubah dari waktu ke waktu.

Leave a Comment