Flores Tak Hanya Melulu Danau Kelimutu, Ada Danau Lotus Terbesar Kedua di Dunia Juga

ruangluas.com – Selama ini traveler selalu terjebak dalam pandangan yang sempit mengenai wisata di Flores. Andalan mereka ketika berkunjung ke pulau ini hanya berburu pemandangan unik danau tiga warna Kelimutu. Padahal di pulau ini terdapat surga tersembunyi yang memegang rekor sebagai danau lotus terbesar kedua di dunia.

Jika sedang traveling ke pulau Flores sempatkan untuk mampir ke Danau Rana Tonjong. Danau ini berada di Kelurahan Pota, Kecamatan Sambirampas, Kabupaten Manggarai Timur. Danau ini memiliki karakteristik yang berbeda dengan danau lainnya di pulau tersebut. Danau Rana Tonjong merupakan sebuah danau yang berisi bunga lotus sehingga disebut pula sebagai danau lotus.

Danau lotus ini berukuran 2,5 hektar dan menjadikannya danau lotus terbesar di Indonesia dan peringkat kedua di dunia di bawah danau serupa yang ada di India. Kabarnya keberadaan danau ini sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Nama Rana Tonjong sendiri berasal dari dialek Manggarai Timur di mana rana berati danau dan tonjong adalah lotus.

Untuk diketahui bahwa musim mekar bunga lotus terjadi pada bulan April hingga Juni. Pada bulan-bulan inilah waktu terbaik mengunjungi danau tersebut. Dinas Pariwisata setempat mulai menggalakkan promosi danau ini. Konsentrasi wisatawan yang tadinya menumpuk di danau Kelimutu mulai diarahkan untuk mengunjungi danau Rana Tonjong.

Kini telah banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengenal daerah ini. Mereka juga mulai hafal kapan mekarnya bunga-bunga lotus nan eksotis ini sehingga pada bulan-bulan April-Juni banyak turis yang berbondong-bondong datang ke danau untuk menyaksikan mekarnya lotus.

Banyak wisatawan yang terpukau dengan keindahan bunga lotus raksasa di danau yang ada di Kelurahan Pota tersebut. Ini merupakan aset wisata yang membanggakan dari Kabupaten Manggarai Timur. Lokasinya yang masih tersembunyi memberi nilai plus tersendiri karena memiliki suasana alam yang masih alami dan segar. Jika kawasan ini dikelola dengan baik bukan tidak mungkin Danau Rana Tonjong akan menjadi destinasi wisata populer di sana.

Leave a Comment