Google Umumkan Android 13 Go, Bawa Material You ke HP “Pas-pasan”

ruangluas.com – Google resmi mengumumkan kehadiran Android 13 Go Edition, Kamis (20/10/2022). Ini merupakan sistem operasi yang dirancang untuk ponsel murah di segmen entry-level dengan spesifikasi rendah atau spek “pas-pasan”.

Android 13 Go ini menjadi penerus Android 12 Go yang dirilis tahun lalu. Sebagai suksesor, Google menyertakan sejumlah pembaruan pada Android 13 Go.

Dari segi desain, untuk pertama kalinya, Google menyertakan bahasa desain antarmuka (user interface/UI) ” Material You ” ke Android 13 Go.

Material You sendiri pertama kali hadir di Android 12 tahun lalu. Namun, ketika itu, Android 12 Go belum mendapatkan fitur ini.

Dengan hadirnya Material You ke Android 13 Go, pengguna ponsel dengan spesifikasi rendah kini juga bisa membuat palet warna di layar notifikasi, lock screen, menu pengaturan volume, widget, dan lainnya menjadi terlihat senada.

Caranya, pengguna bisa memilih salah satu wallpaper. Nantinya sistem akan secara otomatis menentukan warna apa yang dominan, dan terlihat bagus untuk ditampilkan di seluruh antarmuka ponsel.

Google juga menghadirkan Google Play System Updates ke perangkat Go. Ini bakal membantu memastikan perangkat dapat secara teratur menerima pembaruan perangkat lunak (software) penting, di luar rilis Android utama.

Pembaruan Sistem Google Play akan membuat penggelontoran pembaruan penting menjadi cepat dan sederhana, tanpa mengorbankan memori di perangkat Go yang sangat terbatas.

Android 13 Go juga memiliki fitur Discover, memungkinkan pengguna bisa melihat daftar artikel dan konten terkurasi di home screen ponselnya.

Google juga menghadirkan beberapa fitur utama Android 13 ke Android 13 Go. Misalnya, fitur Notification Permissions untuk mengatur izin notifikasi dari aplikasi di ponsel.

Ada pula fitur App Language Preferences yang memungkinkan pengguna bisa menyetel pilihan bahasa tertentu di aplikasi tertentu.

Ponsel harus punya RAM minimal 2 GB

Tak hanya menghadirkan sejumlah pembaruan fitur, Google turut menetapkan persyaratan spesifikasi hardware minimum baru agar ponsel bisa menjalankan Android 13 Go.

Dalam blog pengembang Android (Android Developers), Google mengharuskan ponsel memiliki RAM minimal 2 GB untuk bisa menjalankan Android 13 Go.

Sebelumnya, Android 12 Go masih bisa berjalan di ponsel yang memiliki RAM minimal 1 GB saja.

Pembocor gadget (tipster) Mishaal Rahman menambahkan bahwa ponsel juga harus memiliki penyimpanan media 16 GB.

Kapasitas RAM dan penyimpanan media minimal tersebut juga dibutuhkan agar Google bisa menyertakan layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS) secara bawaan. Mulai dari Play Store, aplikasi YouTube, Google Maps, Google Drive, dan lain sebagainya.

Bila kilas balik ke belakang, Google memang kerap meningkatkan persyaratan RAM minimum agar ponsel berspesifikasi “rendah” untuk tetap bisa menjalankan Android Go.

Pada 2017-2019, Android Go Edition membutuhkan RAM minimum 512 MB. Lalu bertambah menjadi 1 GB pada 2020-2021, terakhir meningkat lagi menjadi 2 GB pada 2022 ini.

Bila ponsel Android 12 Go tidak memenuhi persyaratan hardware minimum tersebut, maka ponsel tidak bisa di-upgrade ke Android 13 Go.

Google menyatakan, ponsel baru yang menjalankan Android 13 Go bakal hadir pada 2023 mendatang.

Bersamaan dengan pengumuman Android 13 Go Edition ini, Google turut mengatakan perusahaannya mencapai tonggak sejarah baru dengan Android Go.

Pasalnya, saat ini, Android edisi Go diklaim sudah digunakan di lebih dari 250 juta perangkat aktif bulanan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari blog Google, Kamis (20/10/2022).

Leave a Comment