Gua Cantik Tak Sengaja di Temukan Saat Gali Sumur

ruangluas.com – Awal bulan Maret menjadi momen paling menghebohkan bagi warga Madura. Pasalnya tepat tanggal 2 Maret 2015 ditemukan sebuah gua yang cantik di Dusun Rojing, Desa Blaban, Kecamatan Batumarmar, Kabupaten Pamekasan, Madura. Gua ini tidak sengaja ditemukan oleh tukang gali sumur yang saat itu sedang menggali tanah membuatkan sumur untuk Sati (40) yang merupakan warga desa setempat.

Penemuan gua ini dilakukan secara tidak sengaja ketika hendak membuat sumur milik Sati. Namun ketika penggalian mencapai tujuh meter, tukang gali menemukan lubang tembus sebesar kepalan tangan orang dewasa. Para penggali terus melanjutkan penggalian karena merasa penasaran dengan lubang yang mereka temukan hingga akhirnya nampaklah sebuah ruang bawah tanah yang luas di bawah sumur yang mereka gali.

Seperti dilongok dari National Geographic Indonesia, gua yang baru ditemukan tersebut memiliki susunan stalaktit dan stalakmit yang indah. Bahkan batuan yang ada di atap gua masih meneteskan air yang membuat suasana di dalam gua terasa sejuk. Karena ditemukan di Dusun Rojing, orang-orang menyebut gua ini dengan nama Gua Rojing.

Beberapa hari setelah itu Ketua DPRD Pamekasan, Halili datang untuk melihat langsung gua yang baru ditemukan tersebut. Ia sempat masuk ke dalam gua melewati lubang sumur yang telah dipasangi tangga darurat dari aluminium milik PLN. Saat melihat bagian dalam gua, Halili merasa kagum dengan batuan yang ada di dalam gua. Batuan ini memang cantik dengan desain arsitektur alami yang jarang ditemukan di gua lain di Madura.

Dengan modal keindahan yang dimiliki, Gua Rojing diyakini akan menjadi salah satu destinasi wisata baru yang siap menggebrak dunia wisata Madura. Bukan hal yang mustahil gua ini akan menjadi primadona baru di sana asalkan dikelola dengan baik.

Leave a Comment

Ruangluas.com