Gudang Pintar Tokopedia Dongkrak Omzet UMKM

ruangluas.com – Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal, salah satunya dengan menghadirkan layanan pemenuhan pesanan (fulfillment service) yang menerapkan teknologi geo-tagging, yaitu Dilayani Tokopedia.

External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz mengatakan, dengan adanya layanan ini, penjual bisa menitipkan produk di gudang pintar Tokopedia di wilayah dengan permintaan tinggi, agar penjual tidak perlu pindah ke kota besar untuk menjangkau pasar, dan pembeli bisa mendapatkan produk tersebut dengan lebih cepat dan efisien.

“Sepanjang kuartal III-2022, ada peningkatan jumlah transaksi melalui Dilayani Tokopedia sebesar lebih dari 2 kali lipat dan kenaikan jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia lebih dari 2,5 kali lipat,” ujar Rizky Juanita Azuz saat jumpa pers di Surabaya, Rabu (19/10/2022).

Lumosh Fine Ceramics adalah contoh UMKM Surabaya yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jakarta.

Lumosh Fine Ceramic didirikan pada 2016 dengan memproduksi berbagai jenis keramik buatan tangan seperti cangkir, piring dan lain-lain.

Co-Founder Lumosh Fine Ceramics Raymond Tjiadi mengaku, berkat Tokopedia, Lumosh Fine Ceramics mengalami kenaikan omzet hampir 2 kali lipat, terutama selama pandemi dibandingkan dengan sebelum pandemi.

“Kehadiran Dilayani Tokopedia juga membantu kami dalam menjangkau lebih banyak pembeli, termasuk dari wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Raymond juga mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi Raymond dan tim adalah mengedukasi para konsumen bahwa produk Lumosh Fine Ceramics tidak sama satu dengan yang lainnya.

Mengingat proses pembuatan keramik dilakukan secara manual menggunakan cetakan, artinya setiap produk Lumosh Fine Ceramics adalah karya unik.

“Kami menyadari inovasi produk sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan tersebut, alhasil Lumosh Fine Ceramics kini menjadi salah satu inisiator produk keramik yang menggabungkan antara produk keramik dan kayu. Penggabungan desain produk keramik dan kayu tersebut menjadi ciri khas dan keunikan desain produk dari Lumosh. Selain itu, kami juga menawarkan produk custom-made yang bisa dipersonalisasi sesuai dengan preferensi pembeli,” jelas Raymond.

Berdayakan ratusan pekerja lokal

Di kesempatan yang sama, Raymond juga menceritakan bagaimana ia membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar.

Lantaran industri keramik memiliki potensi yang masih sangat besar, untuk memaksimalkan potensi tersebut, Lumosh Fine Ceramics memberdayakan ratusan pekerja, termasuk perajin keramik lokal, yang sebagian besar berasal dari Probolinggo.

“Latar belakang ratusan pekerja yang kini ada di Lumosh Fine Ceramics sangat variatif, bahkan ada yang tadinya buruh pabrik dengan minim pengalaman di bidang keramik. Sebagian besar perajin adalah perempuan,” ungkap Raymond.

Berkat keuletan serta kesabarannya, produk Lumosh Fine Ceramics pun sampai mejeng di Side Event G20.

Raymond menceritakan terpilihnya produk keramiknya lantaran mendapat pesanan langsung dari Kementerian Perindustrian.

“Jadi yang kontak itu Kementerian Perindustrian. Sebelumnya mereka pernah memesan untuk suatu acara di Surabaya. Nah pas Side Event G20, kita diminta lagi buat produk khusus untuk G20,” jelas Raymond.

Adapun bentuk keramik yang dipilih adalah keramik berbentuk tumblr dberwana merah dengan ukiran batik yang ditambahkan di bagian bawah keramik. Raymond membuat 100 pieces khusus untuk ajang bergengsi tersebut.

Leave a Comment