Helikopter Bawa Peziarah Jatuh di India, 7 Orang Tewas

ruangluas.com – Sebuah helikopter yang membawa para peziarah Hindu kembali dari sebuah kuil tinggi di Himalaya, India jatuh di pegunungan. Sebanyak 7 orang tewas dalam insiden itu.

Dilansir AFP, Rabu (19/10/2022), pilot dan enam peziarah di dalamnya tewas ketika helikopter itu jatuh selama penerbangan dari kuil Kedarnath. Hal itu diungkapkan oleh pejabat tanggap bencana Nandan Singh Rajwar kepada AFP dari lokasi kecelakaan.

Rajwar mengatakan penyebab kecelakaan itu belum diketahui.

Kuil Kedarnath, didedikasikan untuk dewa Hindu Siwa, berdiri di ketinggian 3.584 meter (sekitar 11.750 kaki) di negara bagian utara Uttarakhand. Tempat ini dipenuhi oleh peziarah dari seluruh India di musim panas, jika akses memungkinkan.

Ini adalah salah satu dari beberapa kuil penting bagi dewa-dewa Hindu yang tersebar tinggi di Himalaya India, terkadang menempuh perjalanan berjam-jam yang sulit dari jalan terdekat.

Sebuah industri rumahan dari perusahaan penyewaan helikopter telah berkembang untuk melayani peziarah kaya yang ingin beribadah di tempat tersebut. Hal ini membuat peziarah dengan lebih mudah mencapai kuil daripada berjalan kaki.

Menteri Penerbangan Sipil India Jyotiraditya Scindia mengatakan di Twitter bahwa kecelakaan itu ‘sangat disayangkan’ dan kementeriannya ‘memastikan besarnya kerugian’.

Leave a Comment