Ini Baru Keren, Jembatan di London Bisa Digulung Seperti Karpet!

ruangluas.com – Mungkin tidak asing lagi melihat jembatan yang dapat di naik turunkan seperti Jembatan Ampera jaman dahulu atau Tower Bridge di London, Inggris. Biasanya jembatan seperti itu didesain karena sungai di bawah jembatan menjadi jalur tranaportasi juga yang dilewati kapal ataupun perahu besar. Namun jembatan yang satu ini bukannya dapat dinaik turunkan melainkan digulung!

Jembatan selain menjadi sarana penyeberangan juga menjadi suatu landmark yang memiliki daya pikat wisata yang tinggi. Hal ini biasanya didukung dengan desain yang unik dan menarik. Seperti desain Rolling Bridge sebuah jembatan di London, Inggris ini. Jembatan ini pada saat-saat tertentu dengan keperluan tertentu pula dapat digulung seperti karpet.

Berdasarkan informasi dari situs pariwisata London yang diintip Travelingyuk, Rolling Bridge didesain oleh seorang arsitek Inggris bernama Thomas Heatherwick. Jembatan ini dibangun di atas kanal Grand Union di Paddington Basin, London, Inggris. Ukurannya tidak besar karena hanya berfungsi sebagai jembatan penyeberangan pejalan kaki.

Jembatan unik ini terbuat dari rangka baja dengan panjang 12 meter dan selesai dibangun tahun 2004. Kanal yang ada di bawah jembatan tersebut masih aktif dilalui perahu sehingga ketika perahu ini hendak melintas jembatan akan digulung dengan memanfaatkan mesin hidrolik yang dihubungkan dengan jembatan tersebut.

Sama seperti karpet saat digulung jembatan akan tertarik keatas dan kemudian melingkar hingga kedua ujung jembatan saling bertemu. Desain yang unik ini sontak menjadikan Rolling Bridge sebuah objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Sistem buka tutup jembatan diatur oleh sebuah perusahaan properti di Inggris yang bernama Merchant Square Estates. Datanglah pada hari Jumat sore jika penasaran ingin melihat jembatan ini menggulung. Anda bisa menumpang kereta bawah tanah dan turun di Stasiun Paddington jika ingin ke sana.

Leave a Comment