Ini Daftar Investasi Bodong yang Harus Anda Hindari

ruangluas.com – Apakah Anda seorang investor? Lihat dulu daftar investasi bodong dan berhati-hatilah terhadap investasi ilegal atau investasi bodong, kali ini Finansialku akan menginformasikan mengenai daftar investasi bodong yang sedang banyak disoroti.

Rubrik Finansialku

Investasi Bodong

Tahun 2017 belumlah genap sebulan, namun sudah mulai bermunculan investasi ilegal. Kasus yang sedang disorot adalah Pandawa Group dan PT Cipta Multi Bisnis (CMB) yang serentak mendapat perhatian publik. Dilansir dari harian KONTAN Rabu 11 Januari 2016, Tongam Lumban Tobing Ketua Satgas Waspada Investasi mengatakan, akhir tahun lalu Satgas sudah memanggil petinggi Pandawa dan CMB. Mereka dilarang menghimpun dana masyarakat “Aktivitas mereka ilegal dan harus dihentikan”. Ujar Tongam.

Pandawa Group

Pandawa Group merupakan sebuah lembaga yang bermarkas di Meruyung, kota Depok dengan motto “Hidup Itu Indah”. Pandawa menghimpun dana masyarakat secara ilegal dengan janji manis mendapatkan keuntungan 10% per bulan atau 120% per tahun. Namun pada bulan November lalu Satgas Waspada Investasi memanggil pemimpin Pandawa Group Nuryanto dan pengurus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Pandawa Mandiri Group.

Hasil dari pertemuan tersebut diketahui bahwa Pandawa Group merupakan perusahaan fiktif, termasuk semua perjanjian antara nasabah dan Pandawa Group yang telah ditandatangani langsung oleh pendirinya sendiri Nuryanto. Karena hal tersebut Satgas melarang Pandawa menghimpun dana dari masyarakat.

[Baca Juga :Indonesia Berkomitmen Melawan Investasi Bodong & Investasi Ilegal]

Perkembangan saat ini nasabah dari Pandawa Group beramai-ramai ingin menarik dana investasi yang ditanamkan. Nasabah dari berbagai daerah, mulai memenuhi rumah pemilik Pandawa Group yaitu Nuryanto, namun saat ini Nuryanto pun belum diketahui jejaknya. Padahal sesuai janji Nuryanto, kepada Satgas Waspada Invetasi ia akan mengembalikan dana para nasabah paling lambat 1 Februari 2017 ini. Para nasabah yang sudah habis kesabarannya mulai mencari Nuryanto namun hasil yang didapatkan selalu nihil.

Dalam menghimpun dana nasabahnya, Nuryanto dibantu oleh beberapa leader yang merekrut para nasabah. Dilansir dari KONTAN, Muchammad Soleh, seorang leader diamond,mengaku mengikuti rapat sengan 42 leader lainnya bersama Nuryanto. Inti dari hasil pertemuan tersebut adalah Nuryanto menyerah, tak mampu memenuhi kewajibannya melunasi dana nasabah. Oleh karena hal tersebut leader sepakat membentuk tim aset dimana tim ini yang membantu mengembaikan dana anggota. Menurut pengakuan Nuryanto, segala rekening dan asetnya sudah diblokir serta dijual, namun dengan asumsi ini para leader malah tergerak untuk mencari aset-aset tersebut untuk dapat dikembalikan kepada nasabah.

“Hidup Itu Indah” hanyalah sebuah motto bagi perusahaan tanpa bisa diwujudkan.

PT Cipta Multi Bisnis Group (CMB)

PT Cipta Multi Bisnis Group (CMB) merupakan sebuah lembaga yang berpusat di Ciamis Jawa Barat, berdasarkan pengakuan dari CMB, lembaga ini memiliki kantor perwakilan yang berada di Jakarta Barat dan Sidoarjo, serta Agen di Hongkong. Pada bulan November lalu Satgas Waspada Investasi mulai mencium adanya ketidakwajaran pada CMB, hingga pada Desember 2016, Satgas menyatakan bahwa aktivitas yang dilakukan CMB adalah ilegal dan melarang lembaga CMB menghimpun dana dari masyarakat.

[Baca juga :Skema Ponzi Modus Klasik Investasi Bodong ]

CMB yang sudah diminta untuk mengentikan kegiatan menghimpun dana masyarakat, namun nyatanya kegiatan investasi tersebut masih dilakukan oleh CMB. Bahkan CMB diharuskan mengembalikan dan nasabah paling lambat Februari 2017.

Untuk bergabung dengan CMB, investor harus mengeluarkan modal minimal RP 500.000 dengan menjajikan 30% keuntungan per bulan , jika investor dapat merekrut anggota baru maka akan mendapatkan bonus 5%, jika anggota baru kembali berinvestasi , maka perekrut akan kembali mendapatkan bonus 4%.

Daftar Perusahaan Investasi Bodong

Selain kedua perusahaan atau lembaga diatas, berikut adalah 5 perusahaan yang menawarkan investasi bodong yang perlu Anda ketahui.

PT Compact Sejahtera Group

    Pimpinan Perusahaan : Anton Setiawan

    Alamat : Jl.Raya Cicadas, Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

    Kegiatan Usaha : Perusahaan ini mengaku sebagai komunitas saling bantu antar anggota. Setiap anggota atau partisipan yang membantu akan mendapat keuntungan 25% per bulan. Dana pendaftaran awal untuk menjadi anggota atau partisipan minimal Rp 500.000

PT Inti Benua Indonesia

    Pimpinan Perusahaan : Pablo Putra Benua

    Alamat : JL M. Yusuf Raya I. Kav 38A. Sukmajaya, Depok, Jawa Barat

    Kegiatan Usaha : Perusahaan ini menjalankan bisnis pembiayaan kendaraan bermotor dengan skema hak guna pakai produktif. Calon konsumen membayar biaya administrasi sesuai dengan jenis kendaraan, mobil Rp 5juta dan Sepeda Motor Rp 750.000. Kemudian membayar deposit 54% dari harga OTR kendaraan yang diincar.

PT Inlife Indonesia

    Pimpinan Perusahaan : Wahyu Kusumo Ariwibowo

    Alamat :JL Mega Kuninngan Lot 5.1 Memara Rajawali, Kuningan Timur, Setiabudi, Jakarta Selatan.

    Kegiatan Usaha : Perusahaan mematok modal awal investasi sebesar Rp 1 juta dengan janji kentungan 15%-25% dalam tujuh hari tergantung besaran modal awal. Dalam situs resminya, PT Inlife Indonesia mencantumkan logo OJK, Bappebti, Bappepam-LK dan BKPM tanpa izin.

Koperasi Segitiga Bermuda

    Pimpinan Perusahaan : H. Syamsul Umar

    Alamat :Ruko Cotraland, Blok L/22, Gowa, Sulawesi Selatan

    Kegiatan Usaha : Koperasi Segitiga Bermuda terafiliasi dengan profit twin77 dan shopping77. Semuanya ada di bawah perusahaan Gilang Gemilang Group (GGG). Dengan membayara biatya pendaftaran sebsar Rp 150.000 dan modal US$ 100, anggota dijanjikan keuntungan 2% per hari selama 100 hari.

PT Mi One Global Indonesia

    Pimpinan Perusahaan : Datuk Mustapa Bin Taib, Dadeng Hidayat (Direktur)

    Alamat : Gedung Wisma, Mitra Sunter, Jakarta.

    Kegiatan Usaha : Perusahaan ini menawarkan bisnis deposito pulsa dengan nilai yang bervariasi, mulai dari Rp 3,84 juta hingga Rp 72 juta. Keuntungan yang dijanjikan bagi investor lebih dari 100% dalam kurun waktu 20 bulan hingga 23 bulan.

Menjadi Investor Pintar

Bagi Anda yang tertarik berinvestasi, haruslah menjadi seorang investor yang pintar. Jika ada yang menawarkan investasi, sebelum Anda memasukan modal, ada baiknya memperhatikan data terbaru yang dikeluarkan oleh Satgas Waspada Investasi dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Agar investasi yang akan Anda ikuti aman.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada kerabat Anda agar tidak menjadi salah satu korban dari investasi bodong. Silahkan tuliskan pertanyaan ataupun komentar Anda dikolom komentar.

Sumber referensi :

    Edvansa, Petrus. Namira Daufina N. Kamis 12 januari 2017. Tawaran Investasi Bodong Semarak Lagi. Harian KONTAN.

    Baskoro Sandy, Namira Daufina N. Rabu 11 januari 2017. Pandawa dan CMB Bikin Cemas Investor. Harian KONTAN

    Baskoro Sandy, Namira Daufina N, Putri W, Anna Suci. Rabu 11 januari 2017. Nasabah Pandawa Mulai Ketar-Ketir. Harian KONTAN

sumber gambar :

    Stockideas.com – https://goo.gl/yWCnBp

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Leave a Comment