Jangan Kaget, Belanja di Toko ini Pembeli Hanya di Suguhkan Gambar Produk Saja

ruangluas.com – Selama ini Korea Selatan amat terkenal dengan industri musiknya. Sampai-sampai bintang K-Pop amat digandrungi para kawula muda di seluruh dunia. Namun tahukah Anda jika di negara tersebut terdapat sebuah inovasi baru di bidang berbelanja? Ada sebuah toko virtual yang menjual barang dagangannya hanya dalam bentuk gambarnya saja. Aneh!

Sebenarnya bukan hal yang aneh jika negara semaju Korea Selatan menerapkan sistem belanja virtual seperti ini. Pasalnya masyarakat di negara tersebut terkenal sebagai pekerja keras yang hampir tidak memiliki waktu untuk sekedar belanja kebutuhan sehari-hari di supermarket. Maka dari itu sebuah ritel ternama di Korsel membuat inovasi baru di bidang belanja.

Adalah Homeplus, peritel utama di Korsel membuka toko virtual pertama di dunia. Toko ini berada di stasiun Seolleung. Adapun konsep dari toko virtual ini hampir mirip dengan toko belanja online yang biasa orang-orang temui di situs media sosial

Jadi cara kerjanya adalah pihak pengelola toko akan memasang katalog berupa gambar-gambar barang dilengkapi dengan harga plus barcode. Gambar-gambar tersebut disusun layaknya barang dagangan dalam rak yang ada di supermarket. Terdiri dari tujuh pilar dan enam pintu layar platform yang sudah ditempeli gambar barang.

Para pembeli tinggal memfoto barcode yang tertera pada barang yang diinginkannya serta membayarnya via online. Setelah itu si pembeli tinggal menunggu di rumah, barang akan dikirimkan langsung oleh kurir toko tersebut. Cara yang simpel bukan?

Untuk bisa berbelanja secara virtual ini para calon pembeli terlebih dahulu harus mengunduh sebuah aplikasi tertentu yang disediakan oleh Homeplus di Smartphone mereka. Diharapkan dengan cara baru ini akan menjadi solusi belanja bagi para pekerja keras di Korea Selatan. Sebuah inovasi yang keren, bagaimana jika model seperti ini diterapkan di Indonesia?

Leave a Comment