Junimart Girsang Salurkan Bibit Bawang Merah, Pupuk, dan Alsintan untuk Warga Kabupaten Dairi

ruangluas.com – akil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Junimart Girsang menyalurkan 20 ton bibit bawang merah, pupuk nitrogen, fosfor, dan kalium (NPK), dan berbagai alat dan mesin pertanian ( alsintan ) untuk warga di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara (Sumut).

Adapun penyaluran bantuan tersebut diberikan kepada 20 kelompok tani yang berada di Kecamatan Sidikalang, Sitinjo, Sumbul, Siempat Nempu Hulu, Siempat Nempu, dan Tanah Pinem di Kabupaten Dairi.

“Penyaluran ini bertujuan untuk membantu pemerintah dalam menekan tingginya angka inflasi kebutuhan pokok pangan dalam negeri dan kenaikan harga pangan. Penyaluran bantuan yang bersumber dari Kementerian Pertanian ( Kementan ) melalui aspirasi ini juga diharapkan dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkap Junimart dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Selasa (18/10/2022).

Hal itu disampaikan oleh Junimart Girsang saat membagikan bantuan kepada 20 kelompok tani di Kabupaten Dairi, Selasa.

Mendukung percepatan pemulihan ekonomi masyarakat, Junimart menjelaskan, pihaknya juga telah menyalurkan bantuan ternak sapi bagi para warga desa.

“Dengan dibantu dari tim relawan Junimart Girsang telah menyalurkan bantuan 20 ekor sapi indukan di Kabupaten Simalungun. Selain itu, dalam waktu dekat ini akan menyusul bantuan pemerintah lainnya, berupa traktor, mesin air, dan ternak lainnya,” ujar Junimart.

Menyinggung soal data inflasi pangan yang yang terjadi di Indonesia, data Bank Indonesia (BI) mencatat pada Agustus 2022, inflasi indeks harga konsumen ( IHK ) mencapai 4,69 persen yang diakibatkan oleh inflasi pangan sebesar 8,93 persen.

Menurutnya, ancaman krisis pangan dunia dapat mengancam Indonesia jika masyarakat dan pemerintah tidak bekerja sama dalam mengatasinya.

“ Inflasi pangan ini merupakan suatu permasalahan yang sangat serius. Maka dari itu, selain bibit bawang, saya sudah mengusulkan bantuan berupa bibit jagung yang nantinya bisa segera disalurkan kembali.

“Sehingga tujuan ketahanan pangan nasional tentunya juga dapat ditolong melalui pertanian warga dan diharapkan kepada teman-teman anggota DPR RI dari daerah pilihan (dapil) masing-masing dapat melakukan kerja empati seperti ini,” katanya.

Leave a Comment