Kawal KTT G20, Polda Bali Bakal Pakai Motor Listrik Smoot Dari Grab

ruangluas.com – Bali — Polda Bali dipastikan akan menggunakan 200 unit sepeda motor listrik dan satu unit mobil listrik dari Smoot Elektrik, Swap Energi, dan Grab Indonesia.

Penggunaan kendaraan listrik tersebut bertujuan mendukung gelaran KTT G20 yang akan digelar pada November 2022 mendatang.

Dalam siaran resminya, Korps Lalu Lintas Polda Bali melakukan penandatanganan kesepakatan antar perusahaan serta menggelar safety riding bersama anggota Korlantas Polda Bali bersama mitra pengemudi Grab Electric.

Irjen Putu Jayan Danu Putra, Kapolda Bali mengatakan jika langkah tersebut sangat diapresiasi oleh pihak Kepolisian. Diharapkan ke depannya bisa mendukung penggunaan kendaraan listrik guna menciptakan Bali Energi Bersih.

“Kami mengapresiasi dukungan armada kendaraan listrik dari Smoot Elektrik, Swap Energi, dan Grab Indonesia khususnya di ajang KTT G20. Di mana kelancaran lalu lintas jadi kunci sukses acara,” ujarnya, Rabu (19/10/2022).

Penandatanganan kerja sama antara Polda Bali, Smoot Elektrik, Swap Energi, dan Grab Indonesia di Bali.

Irwan Tjahaja, Co-Founder & CEO Smoot Elektrik dan Swap Energi juga mengatakan hal senada bahwa langkah ini merupakan bentuk nyata Swap Energi dan Smoot dalam pengurangan emisi karbon di Bali.

“Grab dan Polda Bali menyambut baik kolaborasi nyata ini dalam menciptakan Bali Energi Bersih. Kami berharap Swap Energi dan Smoot bisa memberikan kontribusi positif terhadap pengurangan karbon dan percepatan kendaraan listrik di provinsi Bali,” sambung Irwan.

Sepeda motor listrik Smoot yang digunakan merupakan tipe Tempur dengan bekalan baterai berkapasitas 1.500 watt. Di atas kertas daya jelajah dalam sekali pengisian bisa mencapai 60 km.

Anggota Kepolisian juga tak perlu khawatir kehabisan baterai saat sedang bertugas.

Pasalnya Smoot Tempur bisa melakukan proses tukar baterai gratis di beberapa titik yang sudah disiapkan oleh pihak penyedia.

Motor listrik Smoot Tempur yang akan digunakan Polda Bali untuk mengawal KTT G20

Polda Bali sendiri nantinya akan menggunakan sepeda motor listrik tersebut sebagai kendaraan operasional dalam pengamanan dan pengawalan KTT G20.

Selain sepeda motor, Swap Energi juga memberikan dukungan berupa Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di 100 titik lebih.

Jaringan SPBKLU tersebut akan berada di Circle K dan akan terus bertambah lagi di seluruh wilayah Bali ke depannya.

Sementara itu, satu unit Grabcar Electric akan digunakan sebagai kendaraan operasional Kapolda Bali.

“Ini menjadi kehormatan Grab Indonesia agar dapat membantu Polda Bali dalam menjalankan tugas penting untuk mengawal kelancaran KTT G20. Kami sangat berterima kasih kepada Polda Bali yang terbuka menjajaki penggunaan kendaran listrik,” pungkas Halim Wijaya, Director of East Indonesia Grab Indonesia.

Sebelumnya Grab Indonesia juga telah memberikan pinjaman mobil listrik kepada Wayan Koster, Gubernur Bali.

Hingga saat ini Grab Indonesia telah memiliki lebih dari 8.500 unit armada Grab Electric baik roda dua maupun roda empat yang tersebar di 12 kota dan 8 provinsi.

Penulis: Rizen PanjiEditor: Dimas

Leave a Comment