Kenangan Teman SMA tentang Jokowi: Pintar di Kelas, Tapi Pelit Kasih Contekan

ruangluas.com – Ketika masih duduk di bangku SMA, Presiden Joko Widodo rupanya menjadi salah satu murid yang pandai di bidang akademik.

Hal tersebut diakui rekan satu kelasnya di SMAN 6 Surakarta, Djoko Wahyudi.

“Kalau di kelas, dia (Jokowi) memang pintar. Dia kan pernah pernah juara umum,” ujar Djoko saat berbincang dengan Kompas.com di rumahnya, Sabtu (15/10/2022).

Meski dikenal sebagai murid pandai, namun ada satu hal dari Jokowi remaja yang kurang disukai rekan-rekan sekelasnya. Termasuk oleh Djoko Wahyudi.

Apa itu?

“Tapi kalau mau mengerjakan (ujian) itu (kertasnya) ditutup. Pelit lah kalau kita bilang,” ujar Djoko.

“Teman di samping dan belakangnya itu sudah nendang-nendang, enggak dikasih juga. Pek dhewe (untuk kepentingan sendiri) istilahnya,” lanjut dia.

Menurut Djoko dan rekan sekelasnya pada saat itu, sifat Jokowi yang enggan memberikan contekan barang sedikit saja itu dianggap sebagai sifat yang kaku.

Pada suatu titik, teman-temannya menjadi maklum akan sifat Jokowi itu. Sebab, Jokowi dianggap sebagai seseorang yang ingin keluar dari keterpurukan ekonomi sehingga begitu memegang teguh prinsip.

“Ya uteke wong ndeso (wataknya orang desa) kan memang begitu. Prinsipnya teguh,” ujar Djoko.

Meski begitu, Djoko dan rekan-rekan SMA-nya tentu merasa bangga karena salah satu temannya yang dahulu dikenal pandai dan teguh pendirian itu kini telah menjadi orang nomor satu di Indonesia.

Leave a Comment