Korut Tembakkan Rentetan Artileri ke Zona Penyangga, Korsel Berang

ruangluas.com – Korea Utara ( Korut ) dilaporkan melepaskan rentetan artileri ke perairan lepas pantai timur dan barat yang menargetkan zona penyangga maritim yang didirikan pada 2018 untuk mengurangi ketegangan. Korea Selatan mengkritik keras aksi Pyongyang itu.

Dilansir AFP, Rabu (19/10/2022), kantor berita Yonhap melaporkan Pyongyang secara dramatis telah meningkatkan peluncuran rudal dan latihan militer dalam beberapa pekan terakhir, ketika Seoul dan Washington mengatakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un hampir melakukan apa yang akan menjadi uji coba nuklir ketujuh negaranya.

Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan mengatakan sekitar 250 peluru diluncurkan Korut pada Selasa malam waktu setempat. JCS menyebut peluncuran itu sebagai ‘pelanggaran yang jelas’ terhadap perjanjian 2018.

“Kami sangat mendesak Korea Utara untuk segera menghentikan tindakannya,” kata JCS dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Yonhap.

“Provokasi Korea Utara yang terus berlanjut adalah tindakan yang merusak perdamaian dan stabilitas Semenanjung Korea dan komunitas internasional,” tambahnya.

Media pemerintah Korea Utara tidak segera melaporkan insiden tersebut.

Korut juga menembakkan peluru artileri ke zona penyangga militer pekan lalu.

Leave a Comment