Langsung Berkantor di Balai Kota, Heru Sebut Hari Pertamanya Pimpin DKI Padat Agenda

ruangluas.com – Penjabat (pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, dia langsung berkantor di Balai Kota Jakarta setelah resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Senin (17/10/2022).

Menurut Heru, tugasnya sebagai Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) akan dibantu oleh sejumlah deputi di Kantor Sekretariat Presiden.

“Ya per hari ini (berkantor di Balai Kota Jakarta). Dan ada Pak deputi, ada deputi-deputi, jadi tugas sehari-hari pak deputi Pak Bey (Bey Machmudin) bu deputi, Bu Rika (Rika Kiswandari) untuk kegiatan sehari-hari memimpin rapat dan lain-lain,” ujar Heru di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (17/10/2022).

“Tentunya ada hal-hal yang memang harus kami bertiga mengambil sebuah keputusan, langkah-langkahnya Bapak Presiden terkait G20 itu nanti kami bersama Pak Deputi dengan Bu Deputi, toh bisa secara virtual. Hari-hari nanti beliau-beliau yang melaksanakan tugas di sini,” ungkap dia.

Heru lantas menjelaskan kegiatannya di hari pertama memimpin DKI Jakarta.

Usai dilantik dan menyambangi Kantor Sekretariat Presiden, Heru akan mengikuti rapat paripurna DPRD DKI Jakarta hingga pukul 15.00 WIB.

Setelah itu, Heru bertemu dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk melakukan koordinasi di bidang pembangunan infratstruktur Ibu Kota.

“Besok ada pengarahan 600 pejabat DKI, setelah itu saya ada beberapa ke wilayah. Ada itu Waduk Pluit, ada itu Sungai Sintiong dan seterusnya. Padat sampai satu minggu ke depan sudah keliling terus. Ya doakan saja mudah-mudahan bisa sehat selalu,” tambah Heru.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian resmi melantik Heru Budi Hartono sebagai Penjabat. Gubernur DKI Jakarta, menggantikan Anies Baswedan dan Ahmad Riza Patria yang purnatugas.

Pelantikan Heru berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 100/P/2022, diselenggarakan pada pukul 08.30 WIB di kantor Kemendagri pada Senin.

Anies dan Riza juga terpantau hadir di lokasi.

“Demi Allah saya bersumpah, saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai Pj gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa,” kata Tito, ditirukan Heru dan penjabat kepala daerah lain yang turut dilantik

Heru yang juga Kepala Sekretariat Presiden RI, ditunjuk sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Joko Widodo. Ia terpilih di antara 2 kandidat lain yaitu Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar serta Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah.

Dengan penunjukan itu, Heru bakal menjabat sekitar 2 tahun, hingga Pilkada DKI yang berlangsung pada November 2024, serentak dengan daerah lain.

Leave a Comment