Lumosh Fine Ceramic jelaskan manfaat “Dilayani Tokopedia”

ruangluas.com – Pemilik usaha keramik handmade Lumosh Fine Ceramic, Raymod Tjiadimengatakan bahwa pemanfaatan platform lokapasar digital seperti Tokopediadengan fitur “Dilayani Tokopedia” dapat membuka peluang untuk memasarkan produk secara lebih luas, mulai dari skala nasional hingga mancanegara secara lebih mudah.

“Kalau sekarang sih, harus bisa mengikuti tren teknologi. Yang dulu hanya jualan secara offline, kini dengan banyaknya platform seperti yang disediakan oleh Tokopedia semakin memberikan peluang untuk bisa lebih stand out dan itu harus dimanfaatkan untuk para pelaku usaha yang baru maupun yang sudah lama,” ungkap Raymod Tjiadi di Surabaya, Rabu.

Dia juga memberikan saran kepada masyarakat yang ingin memulai usaha agar mulai menengok manfaat teknologi digital. Selain memudahkan bisnis, hadirnya platform digital juga bisa memberikan masukan untuk pengembangan usaha.

“Seperti yang disediakan oleh Tokopedia melalui ‘Dilayani Tokopedia’, dan itu kami manfaatkan karena memang sangat membantu dalam hal efisiensi waktu, biaya untuk buka cabang dan juga pekerjaan kami tentunya,” kata dia.

Selain harus sadar betapa pentingnya peran digital untuk mengembangkan bisnis pada saat era ini, pelaku bisnis juga harus konsisten dan disiplin menjalani strategi usaha yang sudah ditetapkan jika memang benar-benar ingin menggeluti bisnis tersebut.

“Konsistensi dalam berjualan itu penting, karena bisnis itu tidak mungkin bisa langsung sukses, bisa jadi prosesnya itu memakan waktu setahun, dua tahun atau lebih dari itu.” kata dia.

Dalam kesempatan yang sama,External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz membenarkan bahwa digitalisasi ekosistem dunia bisnis telah memberikan manfaat positif untuk perkembangan usaha. Selain itu, hadirnya Gudang Pintar milik Tokopediadi berbagai kota-kota besar di Indonesia juga mampu memberikan kemudahan kepada konsumen dan tentunya pelaku usaha itu sendiri.

Wanita yang akrab disapa Kiki itu mengatakan, tidak ada kriteria khusus bagi pelaku UMKM yang hendak ingin memanfaatkan Gudang Pintar “Dilayani Tokopedia”. Hanya saja, jika pelaku usaha makanan harus memperhatikan tanggal masa kadaluarsa dari produk tersebut.

“Kriteria khusus sebenarnya tidak ada, tapi ada hal-hal yang harus diperhatikan. Misal, kalau untuk makanan itu harus perhatikan tanggal kadaluarsanya itu sampai kapan, karena kan barangnya itu disimpan dan di stok gudang kita,” jela dia.

Hadirnya Gudang Pintar Dilayani Tokopedia ini, memang untuk membantu pelaku usaha khususnya UMKM lokal agar bisa memaksimalkan penjualan mereka di pasar domestik sehingga mampu mendorong pemulihan ekonomi negara.

Sebagaimana diketahui bersama, Tokopedia mencatat pada semester I 2022 terjadi kenaikan jumlah transaksi dan pembeli, khususnya di Surabaya yang mencapai hampir 1,5 kali lipat. Kenaikan ini terjadi pada kategori makanan dan minuman yang paling banyak diburu oleh konsumen Surabaya.

Leave a Comment