Maria Salud Ramirez Caballero, Sosok Nyata dari “Mama Coco” di Film Pixar Meninggal Dunia

ruangluas.com – Maria Salud Ramirez Caballero , wanita yang diduga mengilhami karakter Mama Coco dalam film Disney “Coco,” meninggal pada usia 109 tahun.

Caballero meninggal di Santa Fe de la Laguna pada Minggu 16 Oktober di Michoacan, Meksiko Barat — tempat ia dilahirkan lebih dari seabad yang lalu.

Dia dilaporkan dikenal sebagai Mama Coco di daerah tersebut.

Sebelumnya, wanita ini adalah seorang pengrajin tanah liat yang membuat pot di samping barang-barang lainnya dan dijual ke penduduk setempat.

Dia meninggalkan tiga anak, banyak cucu, dan beberapa cicit.

Meskipun tidak pernah dikonfirmasi secara resmi oleh Disney, banyak yang percaya dia adalah model untuk karakter nenek Coco dalam film tersebut.

Kematiannya dikonfirmasi oleh Menteri Pariwisata untuk Michoacan Roberto Monroy, yang dalam kicauannya di Twitter pada Minggu (16/10/2022), menggambarkannya sebagai “wanita tak kenal lelah dan model kehidupan.”

“Saya sangat berduka atas kematian Dona Maria Salud Ramirez Caballero, ‘Mama Coco,’ seorang wanita tak kenal lelah dan contoh kehidupan, yang menjadi inspirasi bagi karakter yang dicintai di seluruh dunia,” tulisnya dalam sebuah kicauan, yang diterjemahkan dari Spanyol sebagaimana dilansir pada Senin (17/10/2022).

Disney belum mengakui Caballero sebagai inspirasi untuk karakter tersebut, tetapi keluarganya mengklaim sebuah tim dari Pixar mengunjungi kota mereka dan bahkan tinggal bersama mereka untuk jangka waktu tertentu, seperti yang dilaporkan oleh TMZ.

“Coco,” dirilis pada 2017, adalah film animasi pemenang Oscar yang ceritanya berpusat di sekitar tradisi “Hari Orang Mati” di Meksiko.

Aktris Ana Ofelia Murguía adalah pengisi suara untuk karakter Mama Coco di film itu.

Leave a Comment