Mei ini, Bulan Penuh Cinta di Vietnam Saatnya Cari Jodoh di Pasar Cinta!

ruangluas.com – Bulan Mei ini adalah waktu terbaik untuk berkunjung ke Vietnam pasalnya bulan ini bertepatan dengan masuknya bulan ke-3 kalender China yang berarti akan ada festival pasar cinta di sana. Inilah ajang untuk mencari jodoh di Vietnam.

Pasar jodoh juga ada di China akan tetapi pasar jodoh di Vietnam ini berbeda dengan yang ada di negeri tirai bambu. Pasar ini tidak buka sepanjang tahun melainkan hanya pada hari ke-27 pada bulan ketiga menurut kalender China. Tahun ini pasar cinta akan diselenggarakan pada tanggal 13 hingga 16 Mei di Distrik Meo Vac, Provinsi Ha Giang, Vietnam.

Dilansir Travelingyuk dari CNN, festival ini bernama asli Khau Vai Love Market adalah sebuah tradisi unik yang sangat legendaris di Vietnam. Festival ini juga sangat berarti bagi masyarakat etnis minoritas Khau Vai yang sedang jatuh cinta atau tidak bisa menikah dengan kekasih tercinta dengan berbagai alasan.

Munculnya tradisi pasar cinta ini tak lepas dari legenda yang berkembang di masyarakat etnis Khau Vai. Menurut legenda, pada zaman dahulu ada seorang laki-laki dan perempuan sedang jatuh cinta. Sayang mereka berasal dari etnis berbeda yang sama-sama memiliki aturan untuk tidak menikah dengan orang berbeda etnis.

Akhirnya sepasang kekasih ini dipisahkan secara paksa untuk menghindari pertumpahan darah. Karena tidak terima mereka membuat janji untuk bertemu setiap hari ke-27 bulan ketiga di pasar Khau Vai. Dari situlah diperkirakan tradisi pasar cinta dimulai.

Uniknya lagi pasar cinta ini bukan hanya sekedar ajang mencari jodoh saja namun juga tempat bertemu mantan. Tradisi unik ini menarik perhatian traveler sehingga di hari-hari pelaksanaan festival banyak pula traveler asing yang datang. Berbagai pertunjukan seni dan kontes kecantikan juga disertakan dalam festival ini sehingga acaranya makin meriah. Anda berminat untuk bergabung dalam festival Khau Vai Love Market?

Leave a Comment