Mengapa Kita Perlu Meningkatkan Edukasi dan Literasi Keuangan?

ruangluas.com – Mengapa kita perlu meningkatkan edukasi dan literasi keuangan? Kali ini Keluarga Ronald akan membahas mengenai pentingnya meningkatkan edukasi dan literasi keuangan, untuk orang tua dan anak-anak.

Pentingnya Meningkatkan Edukasi dan Literasi Keuangan

Apakah Anda tahu apa yang menyebabkan seseorang bisa terkenda masalah keuangan (contoh: tidak memiliki dana darurat, asuransi, tidak bisa merdeka secara keuangan dan tidak bisa pensiun)? Menurut kami, salah satu penyebab seseorang masuk dalam masalah keuangan, karena kurangnya edukasi dan literasi keuangan.

[Baca Juga: Ternyata Jebakan Rat Race yang Menyebabkan Manusia Tidak Bisa Merdeka]

Berikut ini diskusi antara Papa Ronald dan Mama Glory yang sedang memikirkan bagaimana cara meningkatakn edukasi dan literasi keuangan untuk keluarga:

Papa Ronald

Ma, kemarin Papa diskusi dengan teman perencana keuangan. Dia mengatakan bahwa ternyata penting memberikan edukasi keuangan dan literasi keuangan kepada anak-anak.

Mama Glory

Maksud papa, ngajarin anak untuk menabung, menggunakan mesin ATM?

Papa Ronald

Bukan, bukan. Itu bukan literasi keuangan namanya. Literasi keuangan dan edukasi keuangan yang papa maksud adalah: kita dan anak-anak perlu tahu mengenai uang, bahasa uang dan cara menggunakan uang.

Mama Glory

Maksud papa gimana sih? Mama kurang paham.

Papa Ronald

Misal gini deh Pa, misal tiba-tiba ada rezeki nomplok, dapet warisan sebesar Rp 10 M. Terus uang tersebut mau dipakai untuk apa? Terus dengan penghasilan seperti ini, bagaimana caranya biar kita bisa meredeka secara keuangan?

Mama Glory

Kalau seperti itu, mama juga belum tahu. Gimana bisa mengajarkan kepada anak-anak?

Papa Ronald

Kata teman papa, kita bisa mulai mengetahui tentang konsep-konsep keuangan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan perencanaan keuangan, membaca buku dan informasi terkait dengan cara menuju kebebasan keuangan. Terakhir praktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Mama Glory

Dulu mama diajarkan sama orang tua untuk hemat dan nabung. Pengetahuan keuangan lainnya adalah jangan utang, beli tanah, beli emas dan sekolah yang pintar biar gaji besar.

Papa Ronald

Hahahaha…Ow sama donk dengan aku. Sayangnya teman papa bilang nasehat keuangan yang dulu belum tentu pas jika kita terapkan sekarang. Apalagi jika diterapkan ke anak-anak. Menurut teman papa, banyak hal yang sudah berubah mengenai keuangan. Orang-orang zaman dahulu banyak yang berorientasi pada keamanan secara keuangan: gaji tetap, punya rumah, pensiun aman. Sekarang aturan main sudah berubah, tidak bisa seperti itu lagi.

Mama Glory

Bagaimana kalau kita belajar konsep yang benar dari teman papa?

Papa Ronald

Papa setuju, mending kita diskusi dan konsultasi lagi sama dia. Kalau perlu kita ikut seminar dan pelatihannya. Kemudian kita ajarkan kepada anak-anak hal-hal penting mengenai keuangan.

Pelajaran Mengenai Keuangan

Banyak orang merasa takut dan acuh jika berbicara mengenai keuangan. Ada pepatah lama yang mengatakan: tak kenal maka tak sayang. Bagaimana seseorang bisa menguasai uang dan memanfaatkan uang jika orang tersebut tidak mengenal uang. Oleh sebab itu edukasi dan literasi keuangan adalah dua hal yang penting dan harus dimiliki.

Apakah Anda merasa ada perbedaan antara cara mengelola keuangan zaman dahulu dan zaman sekarang? Jangan lupa tinggalkan komentar Anda di bawah ini ya. Terima kasih.

Ingin tahu Cerita Keluarga Ronald?

Sumber Gambar

Karakter keluarga Ronald adalah courtesy dari www.Freepik.com people avatar 761436. Anda dapat mendownload karakter-karakternya di www.Freepik.com.

Couple Discussion – https://goo.gl/ShIAQU

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda!

Subscribe Finansialku

dan dapatkan update mengenai Perencanaan Keuangan

Leave a Comment

Ruangluas.com