Mudik di Kampung Halaman SBY? Ini 6 Wisata Pantai yang Sudah Menantimu

ruangluas.com – Mudik lebaran di kampung halaman SBY, selain bertemu dengan sanak saudara tentu juga memikirkan untuk sekalian jalan-jalan. Terlebih wisata Pacitan tengah naik daun dan menjadi buruan traveler dari berbagai daerah. Mereka yang telah lama meninggalkan kampung halaman pasti rindu dan ingin bernostalgia di tempat-tempat seru.

Kabupaten Pacitan terletak di pesisir selatan Jawa, dengan begitu kota kelahiran Presiden RI ke-6 ini memiliki banyak sekali pantai-pantai yang eksotis. Setiap mudik lebaran beberapa pantai mainstream berikut menjadi tujuan utama keluarga untuk rekreasi. Namun ada juga pantai yang terbilang baru dikembangkan dan wajib Anda kunjungi. Inilah 6 pantai eksotis di Pacitan yang wajib dikunjungi saat mudik lebaran.

1. Pantai Taman, Ngadirojo

Kita mulai dari sisi sebelah timur Pacitan tepatnya di Kecamatan Ngadirojo. Pantai dengan pasir coklat yang luas, ombak besar dan terdapat fasilitas kolam renang yang siap menyambut mudik Anda adalah Pantai Taman. Pantai ini berada di Desa Hadiwarno dan ada dua pilihan rute untuk menjangkau tempat wisata ini. Pertama lewat jalur angkutan umum dengan kondisi jalan mulus namun berkelok-kelok dengan tanjakan tajam, kedua dan yang menjadi favorit wisatawan atau pun pemudik yaitu lewat Jalur Lintas Selatan (JLS) di mana sepanjang perjalanan akan disuguhkan pemandangan pantai yang eksotis.

2. Pantai Soge, Ngadirojo

Masih berada di Kecamatan Ngadirojo terdapat satu pantai ikonik yang baru naik daun dalam beberapa tahun terakhir ini yaitu Pantai Soge. Anda bisa menjumpai pantai ini saat melewati rute JLS sebab pantai ini berada persis di pinggir Jalur Lintas Selatan. Jarak pantai ini dari pantai Taman hanya 15 menit perjalanan menuju arah barat.

3. Pantai Pidakan, Tulakan

Terletak di sebelah Barat Pantai Soge terdapat pantai dengan karekteristik paling unik di Pacitan yaitu Pantai Pidakan. Pantai yang terletak di dusun Godeg Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan ini memiliki bibir pantai yang diselimuti oleh kerikil-kerikil halus berbentuk bulat berwarna putih yang khas.

4. Pantai Teleng Ria, Pacitan

Pantai ini berada di pusat kota Pacitan dan telah menjadi ikon wisata kota 1001 gua sejak lama, maka tak heran jika musim-musim liburan seperti Idul Fitri pantai ini akan penuh dengan pengunjung. Pantai yang sangat luas serta fasilitas yang lengkap menjadi salah satu alasan tersendiri mengapa pantai mainstream ini selalu menjadi tujuan utama berlibur sebelum berkunjung ke objek yang lain.

5. Pantai Buyutan, Donorojo

Pantai Buyutan berada di Kecamatan Donorojo, sebuah kecamatan di sisi barat Kota Pacitan. Anda bisa menempuhnya selama 1 jam perjalanan dari pusat kota. Hamparan pasir pantai yang putih menjadi suguhan utama di pantai ini. Di tengah laut terdapat karang besar yang dinamakan Batu Narodo, Anda bisa berfoto dengan latar belakang batu ikonik ini.

6. Pantai Ngiroboyo, Donorojo

Mungkin banyak dari Anda dalam beberapa bulan terakhir ini foto traveler naik perahu di sungai berpemandangan indah wara-wiri di dunia maya dengan hashtag sungai Maron atau Pantai Ngiroboyo. Nah, dari pada penasaran saat libur lebaran mampir saja langsung ke Pantai Ngiroboyo yang sekaligus muara dari sungai Maron di Donorojo. Pantai ini berada tidak jauh dari Pantai Klayar.

Di kecamatan Donorojo ini sebenarnya ada dua pantai yang sangat terkenal yaitu Pantai Klayar dengan seruling samuderanya dan Pantai Banyu Tibo yang memiliki air terjun langsung ke pantai. Namun saat-saat libur panjang seperti ini bisa jadi jalur menuju dua pantai ini akan macet parah sehingga panti-pantai di atas tadi bisa menjadi alternatif jitu berlibur di kampung halaman SBY.

Leave a Comment