OPPO Ungkap Keandalan Seri A77s di Lini Produksi Pabrik Baru

ruangluas.comJakarta, CNBC Indonesia – OPPO Indonesia telah sukses memperkenalkan OPPO A77s melalui media sekaligus peluncuran langsung lewat akun media sosial resmi OPPO Indonesia di TikTok, pada Senin (17/10).

PR Manager OPPO Indonesia, Aryo Meidianto A optimis perangkat ini dapat menjadi tulang punggung di kuartal terakhir tahun 2022 karena memiliki daya tarik besar terutama dari segi fitur dan kualitas.

Hal ini karena lini seri A dibuat dengan menggunakan standar tertinggi OPPO yang disebut sebagai OPPO Enduring Quality, yang terdiri dari berbagai macam uji baik uji komprehensif maupun uji keandalan. Produksi ini dilakukan di pabrik baru OPPO yang terletak di Kecamatan Periuk, Kota Tangerang.

“Walaupun termasuk dalam lini kelas menengah, produksi perangkat OPPO A77s selalu diutamakan kualitasnya,” ujar Aryo dalam keterangan tertulis, Rabu (19/10/2022).

OPPO Enduring Quality terdiri dari 6 (enam) uji utama termasuk di antaranya uji jatuh dari ketinggian, uji jatuh, tahan air, radiasi, perubahan iklim, dan tes kualitas sinyal. OPPO juga melakukan uji tekan pada tombol daya sebanyak 500.000 kali, uji tekan tombol suara sebanyak 150.000 kali, uji cabut pasang pada lubang audio 3,5mm sebanyak 10.000 kali, dan uji cabut pasang pada port USB sebanyak 20.000 kali.

Guna memastikan keandalan OPPO A77s, OPPO juga melengkapi perangkat ini dengan sertifikasi IP5X yang berarti tahan terhadap debu dan IPX4 yang berarti tahan terhadap cipratan air normal.

“Selain itu, di pabrik OPPO juga dilakukan berbagai macam pengujian hingga mencapai 30 jenis uji kontrol kualitas yang berkaitan dengan beragam aktivitas konsumen saat menggunakan perangkat smartphone, di antaranya uji hasil kamera dan uji speaker,” tambah Aryo.

Tidak hanya pada perangkat smartphone, pengujian juga dilakukan terhadap aksesoris seperti kabel smartphone dengan cara memberikan beban untuk melihat kekuatannya dan memastikan kabel daya tidak mudah putus.

Proses pembuatan perangkat OPPO A77s juga diawasi secara ketat di pabrik OPPO Indonesia. OPPO memastikan komponen terpilih dan sudah lolos uji pemeriksaan yang akan masuk ke tahap proses produksi yang mengambil sampel acak dari produk OPPO A77s yang sudah dibuat untuk kemudian dilakukan uji kontrol kualitas dan menguji ulang seluruh unit yang diproduksi.

“Apabila ditemukan permasalahan pada lini produksi, maka secara otomatis proses produksi pada lini tersebut akan dihentikan. Jika masalah masih terjadi, maka OPPO akan kembali mengulang proses produksi di lini yang bermasalah untuk memastikan setiap konsumen mendapatkan produk terbaik perangkat OPPO A77s,” terangnya.

Lebih lanjut, OPPO A77s juga dibuat dengan menggunakan OPS (OPPO Production System) mengadopsi Lean Manufacturing System yang telah diterapkan oleh berbagai pabrik vendor besar di dunia.

Dengan sistem ini, produksi OPPO A77s akan lebih efisien dalam hal waktu dan kualitas. Pada sistem ini pula, proses produksi dipersingkat menggunakan conveyor belt mulai dari tahap assembly hingga packing secara berkelanjutan.

“Proses produksi OPPO A77s juga telah dimodernisasi dengan menggunakan digitalisasi big data terkait dengan output monitoring yang dilakukan secara real-time baik mesin pada produksi ataupun kualitas produk,” pungkasnya.

Leave a Comment