Pantai-pantai di Malang yang Bikin Jatuh Hati

ruangluas.com – Malang tak hanya identik sebagai daerah penghasil apel atau tentang sepak bolanya yang terkenal. Kota berhawa sejuk ini juga mempunyai deretan pantai di Malang yang pesonanya bikin jatuh hati. Terdapat beberapa pilihan yang menjadi sasaran traveler khususnya yang mengaku anak pantai. Kebanyakan berpasir putih, ombaknya pun besar karena terletak di laut selatan. Seperti 5 pantai di Malang berikut ini, mempesona dengan pemandangannya.

1. Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang Biru adalah pintu gerbang menuju Pulau Sempu. Terletak di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Malang. Salah satu keindahan dari pantai ini adalah air lautnya yang jernih dan biru banget dan pasirnya pun berwarna putih halus. Jika kamu ingin berkeliling, terdapat persewaan perahu milik nelayan yang harga sewanya sekitar Rp100.000,00 bisa diisi 4 orang. Lumayan kan.

Lokasi : Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

2. Pantai Balekambang

Objek wisata Malang ini sering disebut mirip Tanah Lot di Bali. Pantai Balekambang namanya, terletak di Kecamatan Batur dan memiliki pura diatas batu karang besar. Pasir pantainya putih bersih. Sensasi matahari terbenam di pantai Balekambang juga tak kalah cantik dengan yang ada di Pulau Dewata. Untuk menuju ke sini, kamu harus menempuh jarak 65 km ke sebelah selatan kota Malang. Walau jauh, tapi dijamin rasa lelah akan terbayarkan begitu sampai.

Lokasi : Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten

3. Pantai Kondang Merak

Walau kalah populer, panorama Kondang Merak tak bisa diremehkan begitu saja. Pantai yang berjarak 2 km dari Balekambang ini juga cantik dan bikin betah traveler. Jika air laut mulai surut, kamu bisa melihat karang-karang yang muncul di pantai. Dinamakan pantai Kondang Merak, karena dahulu penduduk setempat sering melihat burung Merak yang singgah untuk minum air tawar dari sungai kecil yang berada di kawasan pantai.

Lokasi : Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang

4. Pantai Ngliyep

Pantai cantik selanjutnya yang memiliki keindahan alam adalah Pantai Ngliyep. Terletak di Kecamatan Donomulyo, dengan jarak sekitar 62 km ke arah selatan dari pusat kota Malang. Kamu bisa berjemur, bermain pasir, atau duduk-duduk santai. Paling pas datang ke sini adalah saat tanggal 14 bulan Maulud dalam penanggalan Jawa. Pada saat itu, diadakan upacara Labuhan yang berarti memberikan sesaji ke laut.

Lokasi : Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang

5. Pantai Goa Cina

Satu lagi pantai yang kecantikannya bikin betah traveler. Adalah pantai Goa China yang terletak di Desa Bantengan, Malang. Pantai ini memiliki ombak besar. Sama dengan pantai lainnya yang menghadap laut lepas Samudera Hindia. Walau begitu, panorama alam pantai ini tak kalah keren, lho. Ada kisah sendiri hingga pantai yang sering digunakan traveler untuk berkemah ini dinamakan Pantai Goa Cina. Dahulu ada seorang biksu yang sedang bertapa di dalam Gua yang terletak di pinggir laut. Saat seseorang masuk ke dalam gua, hanya terdapat tulang belulang biksu tersebut dan tulisan mandarin di langit-langit gua.

Lokasi : Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang

6. Pantai 3 Warna

Semakin hari berbagai pihak sudah semakin sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan, terutama di daerah wisata. Hal itu nampak jelas di Pantai 3 Warna, pengelola pantai bahkan menetapkan batasan waktu berkunjung untuk para traveler. Bahkan harus melakukan reservasi dulu sebelum berangkat ke sana. Namun usaha tersebut bukannya tidak membuahkan hasil, yang terjadi kecantikan alami 3 Warna tetap terjaga. Apalagi di pantai ini juga terdapat wisata air Malang yang sangat seru, seperti snorkeling dan kano.

Lokasi : Tambakrejo, Sumbermanjing Wetan, Sumbermanjing, Malang

Reservasi : https://www.facebook.com/cmctigawarna

Sebenarnya masih banyak pantai-pantai yang indah di Malang. Namun 5 pantai diataslah yang menjadi favorit traveler. Ayo ke Malang!

Leave a Comment