Pardon, SPBU di Prancis Mulai Kehabisan Stok BBM

ruangluas.com – Sejumlah SPBU di Prancis kehabisan stok bahan bakar. Dikutip dari CNN disebutkan Menteri Energi Prancis Agnes Pannier-Runacher mengungkapkan hampir sepertiga SPBU mengalami kelangkaan.

Sebelumnya kantor perdana menteri Prancis menyebut sempat terjadi antrean panjang akibat kepanikan dan ludesnya stok di sejumlah SPBU.

Perusahaan BBM di Prancis telah menyuplai 30% sampai 50% pasokan BBM pekan ini. Seorang sumber di lingkungan kantor perdana menteri dan kementerian energi menyebutkan permintaan BBM naik hingga 20%, lebih tinggi dibandingkan periode normal.

Awal pekan ini pemerintah Prancis memerintahkan ExxonMobil kilang Normandia untuk kembali bekerja. Sebelumnya memang sempat ada aksi mogok sehingga turut mengganggu ketersediaan BBM.

Pada Jumat lalu, TotalEnergies telah bersepakat dengan serikat pekerja untuk menaikkan gaji tahun 2023.

Namun masih ada aksi mogok lanjutan di empat kilang yang dijalankan oleh TotalEnergies. Serikat pekerja CGT menolak bersepakat dengan Total. Sekretaris CGT dari Komite Eropa TotalEnergies, Thierry Defresne mengancam akan mengerahkan massa demo besar-besaran pada 18 Oktober.

Mereka menuntut kenaikan upah hingga 10% untuk para pekerja. Berdasarkan kesepakatan yang sudah diterima dua serikat pekerja sebelumnya, TotalEnergies menyetujui kenaikan gaji hingga 7% untuk tahun 2023.

Selain kenaikan gaji, ada juga kesepakatan terkait bonus tahunan yang setara dengan satu bulan gaji pegawai.

Leave a Comment

Ruangluas.com