Pasien Kanker Tak Perlu Keluar Negeri, Layanan Radiologi Kedokteran Nuklir Tersedia di Indonesia

ruangluas.comTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Layanan radiologi kedokteran nuklir saat ini merupakan teknologi yang terbaru untuk penanganan onkologi .

Radiologi kedokteran nuklir merupakan salah satu bidang radiologi yang memanfaatkan tenaga nuklir sebagai pengobatan penyakit kanker , yang menggunakan energi radiasi terbuka untuk menilai fungsi suatu organ, mendiagnosis dan mengobati penyakit.

Terapi ini menggabungkan 2 konsep teknologi, yaitu radiologi dan tenaga nuklir.

Pada pengobatan kanker, radiologi berperan untuk mencari dan memetakan lokasi keberadaan sel kanker dan penyebarannya.

Sementara panas dari nuklir berperan sebagai penghantar zat obat untuk membunuh sel-sel kanker pada area target yang spesifik dan aman digunakan dalam dosis rendah.

Plt. Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan / Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kementerian Kesehatan RI, dr. Yanti Herman MH.Kes mengatakan, kanker merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia dan menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit kardiovaskuler.

“Pada 2019, angka kejadian penyakit kanker di Indonesia berada pada urutan 8 se-Asia Tenggara padahal, 43 persen kematian akibat kanker tidak akan terjadi apabila pasien rutin melakukan deteksi dini dan menghindari faktor risiko penyebab kanker ,” kata Yanti Herman saat penandatanganan kerjasama RS Murni Teguh bersama GE Healthcare Indonesia di Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Penandatangan kerja sama ini dilakukan oleh Presiden Direktur PT Murni Sadar Tbk (MTMH), Dr. dr. Mutiara, MHA, MKT dan Country General Manager Indonesia GE Healthcare, Putty Kartika dan President & CEO GE Healthcare ASEAN, Korea, and ANZ, Chris Khang.

Permasalahan terkait pencegahan dan perawatan kanker perlu dilihat dari berbagai aspek. Maka dari itu penting adanya kerjasama antara pemerintah, mitra strategis dan masyarakat untuk penanganan dan pencegahan penyakit kanker .

“Ia mengapreasiasi kolaborasi RS Murni Teguh dengan GE Healthcare dalam menghadirkan layanan teknologi terkini di bidang onkologi .

“Dengan tersedianya layanan tersebut, kami berharap masyarakat Indonesia tidak perlu lagi berobat ke luar negeri untuk mendapatkan perawatan yang berkualitas,” katanya.

Presiden Direktur PT Murni Sadar Tbk (MTMH), Dr. dr. Mutiara, MHA, MKT mengatakan, RS Murni Teguh merupakan rumah sakit dengan keunggulan pada bidang onkologi (kanker) dan kardiovaskuler sebagai fokus utama dan saat ini akan melakukan pengembangan di bidang kedokteran nuklir.

“Selaras dengan program pemerintah untuk mengembangkan perawatan medis dengan teknologi tersebut, kami terus mendukung pemerintah untuk memajukan dan menangani setiap insan masyarakat yang membutuhkan pelayanan dengan fasilitas kesehatan berkualitas di dalam negeri,” katanya.

Country General Manager Indonesia GE Healthcare, Putty Kartika mengatakan, pihaknya akan terus mendukung RS Murni Teguh dalam pengembangan pelayanan kesehatan di bidang kedokteran nuklir, radiologi , angiografi, USG, anestesi, dan layanan monitoring pasien.

“Kami berkomitmen untuk menyediakan teknologi canggih dan solusi kesehatan di rumah sakit dalam upaya meningkatkan kualitas, aksesibilitas, dan keterjangkauan layanan kesehatan di Indonesia,” tuturnya.

Istri Drummer NOAH, Artis FTV Clerence Chyntia Tutup Usia, Berjuang 6 Bulan Alami Kanker Stadium 4

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Istri Drummer NOAH, Artis FTV Clerence Chyntia Tutup Usia, Berjuang 6 Bulan Alami Kanker Stadium 4

Idap Penyakit Kanker, Kiki Fatmala Jalani Aktivitas Normal & Beri Motivasi: Bersyukur Buat Hari Ini

Berperan Jadi Wanita Pengidap Kanker, Clara Bernadeth Sampai Lakukan Hal Ini Kepada Survivor Kanker

Labkesda Papua Gelar Lokakarya di Kota Jayapura, Upaya Tingkatkan Akses & Kualitas Layanan Kesehatan

Demi Bantu Penyembuhan Para Penderita Kanker, Musisi Dewa Budjana Rela Lelang Gitar Kesayangannya

Elon Musk Janji Danai Layanan Internet di Ukraina, Bantu Komunikasi di Tengah Invasi, Pro Zelensky?

Walkot Bogor Bima Arya Tinjau Kondisi Pengungsi dengan Menteri Risma, akan Relokasi Korban Longsor

Fakta Surat Bharada E: Ditulis di Rutan Bareskrim 2 Hari Jelang Sidang dan Tak Bisa Tolak Perintah

Polisi Resmi Hentikan Proses Penyidikan Kasus KDRT Rizky Billar, Sebut Restorative Justice Selesai

Menyesal Habisi Brigadir J, Bharada E Menangis seusai ke Luar Ruang Sidang

Jasad Gadis Diukir Angka 1 dan 0, Sempat Hilang dan Ditemukan Tewas dalam Koper di Peranci

Bharada E Sampaikan Permohonan Maaf ke Keluarga Yosua: Saya Hanya Anggota Tak Bisa Tolak Jenderal

Leave a Comment