Pemenang B20 Sustainability Awards 4.0 bantu dukung target NZE

ruangluas.com – Para pemenang B20 Sustainability Awards 4.0 yang terdiri dari perusahaan besar dan UMKM diharapkan bisa turut mendukung pencapaian target net zero emission (NZE) pada 2060 atau lebih cepat.

Chair B20 Shinta W. Kamdani dalam B20 Sustainability Awards 4.0 Dinner di Jakarta, Selasa malam, mengatakan ajang penghargaan untuk mendorong praktik keberlanjutan tersebut kali ini digelar berbeda karena melibatkan pelaku UMKM.

“Tahun ini kita tidak hanya memberi penghargaan ke perusahaan-perusahaan besar tapi juga kepada UMKM dan ini saya rasa penting untuk diperhatikan karena ternyata banyak sekali UMKM yang berinovasi dan mengikuti aspek sustainability tapi tidak mendapatkan perhatian,” katanya.

B20 Sustainability Awards 4.0 jadi ajang apresiasi atas inovasi yang dilakukan perusahaan dan UMKM khususnya di tiga kategori yang juga sejalan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) yaitu Access to Clean Water (SDG 6), Reduction or Reuse The Plastic Waste (SDG 12), dan Women in Sustainability (SDG 5).

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Koordinator Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri itu mengungkapkan dengan ditingkatkannya target pengurangan emisi Indonesia, dari 29 persen menjadi 31,89 persen tanpa syarat menggunakan sumber daya dan kemampuan negara sendiri, dan meningkat dari sebelumnya 41 persen menjadi 43,20 persen dengan dukungan internasional, dibutuhkan peran semua pihak untuk mendukungnya.

“Ini kita bersama-sama mau mendorong Indonesia mencapai net zero 2060 bersama perusahaan-perusahaan baik itu besar, kecil maupun menengah, juga sama-sama membantu. Saya rasa ajang ini sangat baik untuk bisa mendorong lebih banyak perusahaan untuk mengenal dan mengetahui apa yang telah dilakukan banyak perusahaan lain,” kata Shinta.

Head of Sustainability and Innovation Sectoral Group SwissCham Indonesia sekaligus President Director of PT Anugerah Pharmindo Lestari, Christophe Piganiol berharap ajang tersebut dalam memberikan pengaruh yang signfikan terhadap penerapan SDGs.

“Kami berharap ini bisa membantu Indonesia dan perusahaan di Indonesia menyadari bahwa keberlanjutan merupakan tanggung jawab bukan hanya perusahaan besar tapi juga semua orang,” katanya.

B20 Sustainability 4.0 Awards yang digelar oleh Swiss Chamber of Commerce Indonesia, KADIN Indonesia dan European Business Chamber of Commerce in Indonesia (EuroCham), sebagai bagian dari acara sampingan Presidensi G20 Indonesia.

B20 Sustainability 4.0 Awards merupakan salah satu ajang penghargaan bergengsi yang pelaksanaannya sejalan dengan agenda-agenda prioritas B20 Indonesia untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat, inklusif, dan kolaboratif.

Sebanyak lebih dari 700 peserta dari 25 provinsi ikut mendaftar dalam ajang tersebut. Namun, hanya sekitar 207 peserta yang lolos kualifikasi hingga tersisa 18 finalis yang masuk sesi penjurian pada 30 September 2022 lalu.

Terdapat dua kategori pemenang, yaitu untuk korporasi dan UMKM. Untuk kategori UMKM juga dibagi menjadi dua pemenang yaitu pemenang utama dan runner up. Dalam kategori Improving Access to Clean Water, dimenangkan oleh Komodo Water sebagai pemenang utama kategori UMKM dan Green Energy sebagai pemenang runner up.

Sementara, korporasi yang memenangkan kategori ini adalah Danone Indonesia. Tak hanya itu, pada kategori Reduction or Reuse of Plastics dimenangkan oleh Sampangan sebagai pemenang utama UKM dan Plana sebagai pemenang runner up. Korporasi yang memenangkan kategori ini adalah Lazada Logistics.

Pada kategori Women Leading in Sustainability Initiative dimenangkan oleh Du Anyam sebagai pemenang utama UKM dan Sukkha Citta sebagai pemenang runner up. Amartha merupakan korporasi yang memenangkan kategori ini.

Selanjutnya, HSBC Net Zero mengumumkan tiga pemenang kategori khusus, yaitu untuk kategori Investment in Clean Energy dimenangkan oleh PT AKR Corporindo, Tbk., kategori Innovation Towards Clean Energy dimenangkan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk., dan kategori Community Engagement in Developing Clean Energy dimenangkan oleh PT Barito Pacific, Tbk.

Tak hanya itu, Zurich dan Siemens pun juga memberikan beasiswa program S2 di Universitas Trisakti jurusan Sustainability. Febriany Nanci merupakan orang yang mendapatkan beasiswa dari Zurich untuk studi S2 di Universitas Trisakti jurusan Sustainability. Sementara, Adven FN Hutajulu merupakan orang yang mendapatkan beasiswa dari Siemens untuk melanjutkan studi S2 Universitas Trisakti jurusan Sustainability.

Leave a Comment

Ruangluas.com