Perluas Ekspansi di Pasar Global, Pertamina International Shipping Kerja Sama dengan NYK

ruangluas.comTRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sub Holding Integrated Marine Logistics PT Pertamina International Shipping (PIS) menandatangani perjanjian kolaborasi bisnis dengan perusahaan perkapalan Jepang, Nippon Yusen Kaisha (NYK).

Penandatanganan ini akan menjadikan NYK sebagai mitra strategis PIS, dengan potensi kolaborasi bisnis untuk angkutan LNG di rute domestik maupun internasional.

Kesepakatan kolaborasi ini ditandatangani Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha (SPPU) PT Pertamina (Persero) A. Salyadi Saputra, Direktur Utama Pertamina Pedeve Indonesia Rahmi Amini, CEO PT Pertamina International Shipping Yoki Firnandi, dan Executive Officer Nippon Yusen Kaisha (NYK) Yuji Nishijima.

Kemudian, disaksikan oleh Wakil Menteri BUMN I Pahala Mansury.

Salyadi mengatakan, kesepakatan ini sesuai dengan aspirasi PIS untuk menjadi Asian Leading Integrated Marine Logistics Company.

“Untuk mendukung aspirasi tersebut, di tahun ini PIS memang ditargetkan bisa menjalin kerja sama dengan mitra reputable untuk membantu pengembangan usaha PIS,” ujar Salyadi dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

Yoki Firnandi menambahkan, kerja sama dengan perusahaan kelas dunia seperti NYK, tentunya bisa memperluas ekspansi PIS di pasar global, sekaligus mengembangkan kapabilitas PIS untuk menjadi perusahaan integrated marine logistics terbesar di Asia.

Pemilihan NYK sebagai mitra, kata Yoki, di antaranya berdasarkan pertimbangan nama besar NYK sebagai TOP 2 Gas Carrier Owner di dunia.

“NYK memiliki keahlian dan pengalaman panjang dalam bidang angkutan LNG , kelebihan NYK ini sejalan dengan kebutuhan PIS untuk mengembangkan lini bisnis baru yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

Sejalan dengan kebijakan transisi energi yang ditetapkan oleh pemerintah, PIS menyusun peta jalan bisnis di mana pada tahun 2030 sebanyak 20 persen pendapatan perusahaan dikontribusikan dari green cargoes.

Dengan kerja sama ini, diharapkan dapat memberi manfaat positif bagi bisnis PIS terutama dalam angkutan LNG untuk mendukung road map PIS menuju green integrated marine logistics company.

Pihak NYK menyambut baik kerja sama dengan PIS, yang diharapkan bisa mencakup banyak sektor bisnis terkait energi.

Mulai dari kapal VLCC (Very Large Crude Carrier), VLGC (Very Large Gas Carrier), bisnis lepas pantai atau offshore seperti Floating Storage Regasification Unit (FSRU), energi dan bahan bakar baru dan terbarukan, bahkan hingga pemanfaatan teknologi untuk mengurangi emisi CO2 dan penerapan CCS/CCUS.

Seperti diketahui, NYK sendiri merupakan perusahaan perkapalan terkemuka di Jepang. Saat ini, NYK memiliki 826 kapal di mana 80 diantaranya merupakan LNG Carriers.

Jejak rekam NYK sebagai perusahaan perkapalan juga tak perlu diragukan dengan bisnisnya yang tersebar di banyak belahan dunia. Saat ini, NYK mengoperasikan 21 pelabuhan dan beroperasi di 607 logistics center di dunia.

Ternyata Bukan Rusia, AS Tetapkan China sebagai Negara yang Harus Diwaspadai

Privacy Policy

We do not collect identifiable data about you if you are viewing from the EU countries.For more information about our privacy policy, click here

Ternyata Bukan Rusia, AS Tetapkan China sebagai Negara yang Harus Diwaspadai

Dukung Pertumbuhan Industri Otomotif, Astra Financial Meriahkan GIIAS Medan 2022

5 Ide Bisnis Anak Muda yang Cepat Balik Modal

Sandi Uno Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik di Tempat Wisata: Indonesia Menuju Net Zero Emission

Dokumen Rahasia Milik Rusia Bocor, Ini Rencana Rusia Terkait Mariupol yang Berhasil Direbut Ukraina

Proses Pengolahan Biji Kopi Robusta di Home Industry Kopi Lampung Barat, Harus Telaten dan Hati-hati

Utang Luar Negeri Indonesia Sampai Agustus 2022 Mencapai Rp 6.141 Triliun

Berbeda dengan Putri & Sambo, Bharada E Tampil Tanpa Masker dan Tak Ajukan Eksepsi saat Sidang

Suami di Karawang Sembunyi di Kolong Jembatan, seusai Bunuh Istri karena Kesal Dihina Mertua

Harga Beras Naik, Menteri Pertanian Sebut Karena Kenaikan Tarif Logistik, Jokowi Minta Intervensi

Bertemu dengan Pencuri Toko Kuenya di Kantor Polisi, Ruben Onsu Mengaku Deg-degan

Tak Ajukan Eksepsi, Bharada E Minta Ditemukan dengan Ferdy Sambo & Putri Candrawathi di Persidangan

Leave a Comment

Ruangluas.com