[POPULER MONEY] 4 Negara Hapus Utang Indonesia | BSU Tahap 6 Cair Pekan Depan

ruangluas.com – >

Empat negara kreditur telah berkomitmen untuk menghapus utang Indonesia melalui skema konversi atau debt swap. Keempat negara tersebut yaitu Jerman, Italia, Australia dan Amerika Serikat (AS).

Staf Khusus Menteri Keuangan (Menkeu) Yustinus Prastowo mengatakan total utang Indonesia yang dihapus oleh keempat negara maju tersebut sebesar 334,94 juta dollar AS atau setara Rp 5 triliun.

“Konversi utang yang disepakati adalah ke dalam bentuk program atau proyek yang harus dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia,” tulis Yustinus dalam unggahan di twitter pribadinya @prastow, dikutip Selasa (18/10/2022).

Adapun bentuk proyeknya bermacam-macam, misalnya kreditur Jerman untuk proyek pendidikan, edukasi, kesehatan dan global fund. Kemudian kreditur Italia untuk proyek housing and settlement.

Lalu, Australia untuk proyek kesehatan serta Amerika Serikat untuk konservasi hutan tropis. Untuk itu, total kumulatif nilai komitmen debt swap yang disepakati dengan kreditur bilateral adalah 334,94 juta dollar AS atau Rp 5 triliun.

Selengkapnya baca di

2. Bank Tak Penuhi Modal Inti Rp 3 Triliun di Akhir 2022, Siap-siap Turun Kelas Jadi BPR

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mewanti-wanti bank nasional yang belum memenuhi modal inti Rp 3 triliun hingga akhir 2022.

Direktur Pengaturan Bank Umum Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Indah Iramadhini mengatakan, jika bank masih tetap tidak mau memenuhi ketentuan ini, langkah terakhir OJK ialah memaksa bank untuk turun kelas menjadi bank perkreditan rakyat (BPR).

Pasalnya, OJK tidak akan memperpanjang pemenuhan modal inti Rp 3 triliun untuk perbankan.

“Kita tidak ada rencana relaksasi perpanjangan modal inti. Kita tetap laksanakan konsolidasi. Karena kita sudah memberikan banyak waktu dari tiga tahun, sepertinya cukup waktu untuk meningkatkan permodalannya,” ujarnya di Wisma Mulia 2 Jakarta, Senin (17/10/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan, sanksi itu tidak akan langsung diberikan ke bank yang melanggar ketentuan tersebut. OJK tetap akan melakukan prosedur exit policy atau memberikan pilihan bagi bank yang belum memenuhi modal inti itu.

Selengkapnya baca di

3. BSU Tahap 6 Cair Pekan Depan, Ini Cara Pencairan Via Kantor Pos

Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) berupaya untuk menyalurkan bantuan subsidi upah (BSU) tahap 6 pada pekan depan.

Penyaluran BSU tahap 6 ini selain melalui bank milik negara atau Himbara (terdiri atas BRI, BNI, BSI, BTN, Mandiri), juga melalui PT Pos Indonesia.

“Minggu depan paling cepat (penyaluran subsidi gaji tahap 6),” kata Direktur Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (PHI Jamsostek) Kemenaker, Indah Anggoro Putri kepada Kompas.com, Selasa (18/10/2022).

Putri bilang, anggaran untuk penyaluran subsidi gaji sebesar Rp 600.000 melalui PT Pos Indonesia masih dalam proses perhitungan. Karena sebelumnya, Putri menjelaskan bahwa Kemenaker juga berupaya menambah anggaran untuk penyaluran BSU melalui Kantor Pos.

Lantaran untuk saat ini, anggaran untuk penyaluran BLT subsidi gaji via Kantor Pos masih dianggap kurang.

Selengkapnya baca di

4. OJK Mau Memperpanjang Restrukturisasi Kredit Covid-19 untuk Kelompok Tertentu, Apa Saja?

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan memperpanjang restrukturisasi kredit bagi debitur yang terdampak Covid-19 tapi hanya untuk kelompok-kelompok tertentu. Adapun program restrukturisasi kredit bagi debitur yang terdampak Covid-19 ini akan berakhir pada akhir Maret 2023.

Direktur Pengaturan Bank Umum Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Indah Iramadhini mengatakan, hanya sektor-sektor ekonomi tertentu yang dinilai masih membutuhkan restrukturisasi kredit ini saja yang akan diperpanjang.

Salah satunya sektor ekonomi pariwisata, kuliner, dan akomodasi karena saat pandemi sektor-sektor ini terdampak paling dalam sehingga membutuhkan waktu lebih lama untuk memulihkan diri.

“Relaksasi itu akan dilanjutkan tapi lebih targeted. Targetnya sektor ekonomi, kita lihat pasti bisa menebak apa sih yang terdampak? Kita lihat pariwisata, kuliner itu kan terdampak ya. Orang-orang gak mau makan di luar. Kemudian untuk berlibur berkunjung sulit,” ujarnya di Wisma Mulia 2 Jakarta, Senin (17/10/2022).

Selengkapnya baca di

5. BCA Buka Lowongan Kerja untuk Fresh Graduate, Ini Persyaratannya

Bagi Anda lulusan Sarjana (S1) dan Magister (S2) dari berbagai jurusan yang ingin berkarier di sektor perbankan, simak lowongan pekerjaan berikut ini. PT Bank Central Asia Tbk membuka lowongan kerja melalui Management Development Program (MDP).

Lowongan kerja BCA ini terbuka untuk para lulusan baru atau fresh graduate. Pendaftaran dibuka hingga 31 Desember 2022. MDP sendiri merupakan program pelatihan BCA yang dilakukan selama 1 tahun.

Selama kurun waktu tersebut, para kandidat terpilih akan mendapat pengetahuan yang luas tentang perbankan (pemasaran, audit, pengembangan, dan lainnya).

Para kandidat juga akan mendapat pembelajaran dan mentor profesional agar siap ditempatkan di seluruh unit BCA. Selama 1 tahun mengikuti MDP, kandidat juga diberikan uang saku serta tunjangan kesehatan.

Selengkapnya baca di

Leave a Comment