Putin tetapkan darurat militer di empat wilayah Ukraina

ruangluas.com – Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu mengatakan dia akan menetapkan darurat militer di empat wilayah Ukraina yang dianeksasi dan diklaim sebagai bagian dari Rusia.

Dalam pidatonya di depan Dewan Keamanan Rusia yang disiarkan televisi, Putin juga menginstruksikan kepada pemerintah untuk membentuk dewan koordinasi khusus.

Dewan tersebut akan berada di bawah Perdana Menteri Mikhail Mishustin dan bekerja bersama daerah-daerah di Rusia untuk mendukung perang di Ukraina.

Langkah itu menandai eskalasi terbaru Putin untuk menghadapi sejumlah kekalahan besar Rusia di Ukraina sejak awal September.

Kebijakan itu muncul pada hari yang sama ketika para pejabat yang ditunjuk Rusia di Kherson meminta warga sipil untuk meninggalkan sejumlah area secepat mungkin untuk mengantisipasi serangan Ukraina dalam waktu dekat.

Kherson adalah salah satu dari empat wilayah di Ukraina yang dicaplok Moskow.

Putin mengatakan tindakan yang dia perintahkan akan meningkatkan stabilitas ekonomi, industri dan produksi untuk mendukung perang di Ukraina yang disebut Rusia sebagai “operasi militer khusus”.

“Kami sedang bekerja menangani tugas-tugas yang sangat besar dan kompleks untuk memastikan masa depan yang dapat diandalkan bagi Rusia, masa depan rakyat kita,” kata Putin.

Sumber: Reuters

Leave a Comment