Quiz : Apakah Saya Bisa Bebas Keuangan? Test dan Ketahui Hasilnya

ruangluas.com – Apakah Anda sudah bisa bebas keuangan dalam waktu segera? Jawab quiz berikut ini, untuk mengetahui apakah Anda sudah bisa atau tidak mencapai kebebasan keuangan.

Rubrik Finansialku

Lets Start, Apakah Saya Bisa Bebas Keuangan?

Quiz berikut ini berisi 6 pertanyaan yang akan mengukur kesiapan Anda untuk bisa bebas keuangan. Diakhir quiz, Anda akan mendapatkan hasil apakah Anda sudah siap atau belum untuk bisa bebas keuangan.

Selamat jika teman-teman sudah bisa mencapai kebebasan keuangan (financial freedom). Jika belum, jangan kecewa dan jangan berkecil hati. Anda masih memiliki waktu untuk mendapatkan kebebasan keuangan. Mari kita bahas apa saja yang harus kita lakukan:

Perbaiki Cashflow, Miliki Dana Darurat dan Lunasi Utang Kosumtif

Pertama Anda perlu memperbaiki cashflow atau cara Anda mengelola keuangan. Aturan main untuk mencapai kebebasan keuangan adalah mengubah penghasilan aktif menjadi penghasilan pasif dan penghasilan dari investasi.

Pertama-tama mari kita kenali dulu definisi ketiga sumber pemasukan.

Penghasilan Aktif : Penghasilan yang didapat seseorang karena menukarkan waktu, tenaga, pikiran dengan uang.

dan

Penghasilan Investasi : Penghasilan yang didapat seseorang karena uangnya bekerja untuk menghasilkan uang.

serta

Penghasilan Pasif : Penghasilan yang didapat seseorang karena assetnya bekerja untuk menghasilkan pemasukan.

Jika saat ini Anda sudah memiliki penghasilan aktif dari gaji dan lainnya, segera mulai menyiapkan dana darurat, melunasi utang konsumtif dan memiliki proteksi. Cek ketiga infografis di bawah ini (klik gambar infografis, untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut):

Sebagai perencana keuangan, kami dapat melihat fokus keuangan Anda dengan melihat pola pengeluaran bulanan Anda. Banyak orang begitu terima gaji, bayar pajak langsung digunakan untuk bayar cicilan dan utang, untuk hidup, donasi kalau ada sisa baru investasi. Dengan pola seperti itu, jelas investasi bukanlah prioritas Anda. Sayangnya Anda tidak bisa mencapai kebebasan keuangan jika Anda tidak segera berinvestasi. Coba ubah cara Anda menggunakan uang dengan model seperti ini:

[Baca Juga: Prioritaskan Penghasilan untuk Menabung dan Investasi]

Mulai Membangun Penghasilan Investasi

Setelah Anda memiliki dana darurat, bebas utang konsumtif dan memiliki proteksi, saatnya Anda membangun investasi Anda. Seorang motivator terkenal Amerika, bernama Tony Robbins mengatakan pentingnya pembagian aset investasi. Setidaknya bagi menjadi 3 keranjang untuk masing-masing tujuan. Fokuskan investasi Anda untuk mendapatkan pemasukan bulanan atau tahunan (cashflow) bukan untuk peningkatan hasil (capital gain). Sekali lagi investasi untuk mendapatkan cashflow dan capital gain adalah hal yang berbeda.

[Baca Juga: Cara Mencapai Kebebasan Keuangan menurut Tony Robbins]

Persiapkan Aset yang Produktif

Setelah Anda memiliki modal yang cukup dari hasil kerja Anda (pendapatan aktif) dan investasi Anda, saatnya Anda membangun asset atau membeli asset yang produktif. Misal Anda mulai membeli rumah kedua untuk disewakan, menulis buku, membuat aset digital dan lain sebagainya. Aset tersebutlah yang nantinya akan mencetak uang untuk Anda.

[Baca Juga: Cara untuk Tetap Menghasilkan Uang Saat Tidur dan Bebas Keuangan]

Lakukan dan Buktikan Segera Hasilnya

Semoga artikel ini memberikan Anda gambaran yang lebih detil mengenai cara bebas keuangan. Kebebasan keuangan bukanlah hal yang bisa terjadi dalam waktu semalam, Anda memerlukan mindset yang benar, waktu, proses dan disiplin. Pertama-tama mulailah kendalikan keuangan Anda dengan cara mengelola dan merencanakan keuangan dengan benar. Anda dapat menggunakan aplikasi Finansialku untuk membantu Anda mengelola dan merencankan keuangan.

Sumber Gambar:

    People shocked – http://goo.gl/dSVnnS

    Three baskets – http://goo.gl/mx1vzk

    www.brusheezy.com

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Leave a Comment

Ruangluas.com