Raih Podium Kedua di GP Australia, Marquez Akui Tiru Gaya Balap Stoner

ruangluas.com – Pebalap Repsol Honda Marc Marquez sukses menempati podium kedua saat balapan di MotoGP Australia, tepatnya di sirkuit Phillip Island, akhir pekan lalu.

Ini sekaligus menjadi raihan podium ke-100 buat buat Marquez. Hasil itu diraih dari 152 kali balapan, dengan 59 kemenangan, 100 kali naik podium, dengan total perolehan poin sebanyak 2.521 poin sejak debut di MotoGP pada musim 2013.

Pebalap yang mendapat julukan The Baby Alien itu mengungkapkan rahasia dirinya tampil memukau di MotoGP Australia. Marquez mengaku menerapkan gaya balap yang dipakai oleh Casey Stoner .

Sebagai informasi, Casey Stoner menjadi salah satu pebalap yang menguasai lintasan Phillip Island dengan baik. Pebalap asal Australia terkenal dengan gaya driftingnya yang luar biasa, terutama ketika melibas tikungan ketiga.

“Ketika saya memulai MotoGP, saya memiliki data Casey dan saya mengikuti gayanya dan itu adalah salah satu poin kuat saya, tikungan seperti ini juga,” ucap Marquez dikutip dari , Rabu (19/10/2022).

Meski begitu, menurut Marquez, gaya balap Stoner tak sepenuhnya bisa ditiru. Hal ini lantaran Marquez menunggangi RC213V, motor yang berbeda dengan Stoner.

“Tetapi sekarang dengan motor ini, Anda perlu mengendarai dengan cara yang berbeda. Maksud saya dengan aerodinamis ini, bahkan ketika saya meletakkan ekor di belakang. Itu bahkan berbeda,” kata Marquez.

Honda diketahui memang baru menyematkan teknologi aerodinamika terbaru untuk membuat pengereman menjadi lebih baik dan stabil. Perangkat tambahan ini tentu membuat Marquez harus menyesuaikan antara motor dengan gaya balapnya.

“Jadi gaya yang berbeda untuk motornya, tapi Casey sangat cepat di tikungan itu,” lanjutnya.

Leave a Comment