Rangkuman Hari Ke-237 Serangan Rusia ke Ukraina: Putin Putuskan Mobilisasi Parsial Berlanjut, Rusia Bikin 1.162 permukiman di Ukraina Tanpa Listrik

ruangluas.com – Masih ada beberapa hal baru yang terjadi “mewarnai” perang Rusia-Ukraina hari ke-237 pada Selasa (18/10/2022).

Ini termasuk muncul laporan bahwa serangan Rusia bikin lebih dari 1.100 permukiman di Ukraina tanpa listrik.

Selain itu, Kremlin mengonfirmasi bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin belum menghentikan program mobilisasi parsial untuk mengumpulkan pasukan cadangan dikerahkan ke Ukraina.

Untuk lebih lengkapnya, berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-237 yang dapat Anda simak:

Ukraina sebut Rusia culik 2 pekerja PLTN Zaporizhzhia

Badan energi nuklir negara Ukraina Energoatom pada Selasa menuduh Rusia menahan dua pegawai senior di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia di Ukraina selatan.

Dalam sebuah pernyataan di media sosial, Energoatom mengatakan pasukan Rusia pada Senin (17/10/2022) “menculik” kepala teknologi informasi Oleg Kostyukov dan asisten direktur umum PLTN Oleg Osheka.

Energoatom menyebut pasukan Rusia membawa mereka ke tujuan yang tidak diketahui.

Energoatom meminta kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) Rafael Grossi untuk melakukan segala upaya untuk mengamankan pembebasan mereka.

Zelensky: Penggunaan drone Iran oleh Rusia menunjukkan ‘kebangkrutan’ militer

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pada Selasa, bahwa meluasnya penggunaan drone buatan Iran dalam serangan baru-baru ini di negaranya adalah simbol kebangkrutan militer dan politik Kremlin.

“Fakta seruan Rusia ke Iran untuk bantuan semacam itu adalah pengakuan Kremlin atas kebangkrutan militer dan politiknya,” kata Zelensky dalam pidato hariannya.

Tapi, dia berucap, secara strategis bantuan drone Iran tersebut tidak akan membantu Rusia dalam perangnya di Ukraina.

“Ini semakin membuktikan kepada dunia bahwa Rusia berada di jalur kekalahan dan mencoba menarik orang lain ke dalam antek-anteknya dalam teror,” kata Zelensky.

Iran siap bicara dengan Ukraina tentang drone Rusia

Iran mengatakan pada Selasa, pihaknya siap untuk melakukan pembicaraan dengan Ukraina untuk mengklarifikasi klaim “tidak berdasar” bahwa Iran menyediakan Rusia dengan senjata dan pesawat tak berawak (drone) untuk digunakan dalam perang melawan Ukraina.

Kyiv dan sekutu Baratnya menuduh Moskwa menggunakan drone buatan Iran dalam serangan ke Ukraina dalam beberapa pekan terakhir.

Kremlin mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui tentaranya menggunakan senjata semacam itu.

Juru bicara kementerian luar negeri Iran Nasser Kanani menyebut klaim Iran pasok drone ke Rusia tidak berdasar dan itu berasal dari informasi palsu.

Dia menyatakan kesiapan Iran untuk negosiasi dan diskusi dengan Ukraina untuk menyelesaikan tuduhan ini.

“Klaim yang dibuat mengenai republik Islam yang mengirim senjata termasuk drone militer untuk digunakan dalam perang Ukraina adalah tidak benar,” kata Kanani dalam sebuah pernyataan tertulis.

Kyiv kecam sikap ICRC tidak bertindak atas tahanan Ukraina

Ukraina pada Selasa menuduh Komite Internasional Palang Merah (ICRC) “tidak bertindak” atas tahanan Ukraina yang ditahan oleh Rusia.

Ukraina mengatakan kurangnya kunjungan ICRD ke tentara dan warga sipil yang ditahan berarti mereka rentan disiksa.

“Sayangnya, di setiap pertukaran, kami melihat bahwa kelambanan Komite Internasional Palang Merah telah menyebabkan tawanan perang dan sandera sipil kami disiksa setiap hari dengan kelaparan, dengan sengatan listrik,” kata komisioner HAM Ukraina Dmytro Lubinets dalam sebuah pernyataan kepresidenan.

Rusia umumkan evakuasi warga sipil dari Kherson

Rusia mengumumkan evakuasi warga sipil dari kota Kherson, Ukraina selatan pada Selasa.

Hal ini terjadi karena Rusia mengakui situasi pasukannya di lapangan di Ukraina “tegang” dalam menghadapi serangan balasan.

Jenderal Sergey Surovikin, yang bertanggung jawab atas operasi di Ukraina selama 10 hari terakhir, mengatakan tentara Rusia sedang bersiap untuk mengevakuasi warga sipil dari kota Kherson.

Kherson adalah salah satu dari empat wilayah di Ukraina yang baru-baru ini diklaim telah dicaplok Moskwa.

Itu adalah kota besar Ukraina pertama yang jatuh ke tangan pasukan Rusia setelah Kremlin melancarkan invasi pada 24 Februari.

Namun pasukan Ukraina melancarkan serangan balasan di selatan menjelang akhir musim panas dan semakin mendekat ke kota.

“Tentara Rusia di atas segalanya akan memastikan evakuasi yang aman dari penduduk Kherson,” kata Surovikin kepada televisi pemerintah Rossiya 24.

Dia menggambarkan situasinya di Kherson sangat sulit.

Menurut Surovikin, serangan Ukraina yang menargetkan infrastruktur sipil menciptakan ancaman langsung terhadap kehidupan penduduk.

Kepala keamanan siber Jerman dipecat karena dugaan hubungan dengan Rusia

Kepala keamanan siber Jerman, Arne Schoenbohm, dipecat pada Selasa setelah sebuah acara satire TV menuduhnya memiliki hubungan dengan dinas intelijen Rusia.

Ini terjadi ketika Jerman sekadang dalam kondisi siaga tinggi atas potensi kegiatan sabotase oleh Rusia.

Arne Schoenbohm, kepala Otoritas Keamanan Siber Federal (BSI) Jerman telah menjadi pusat spekulasi sejak acara populer itu menuduhnya pada awal Oktober melakukan kontak dengan Rusia.

“Dia sekarang telah dibebaskan dari tugasnya,” seorang juru bicara kementerian dalam negeri Jerman mengatakan kepada AFP pada Selasa.

Juru bicara itu menyebut tuduhan yang terungkap dan dibahas secara luas di media menjadi salah satu alasan di balik langkah tersebut.

“Tuduhan itu secara permanen merusak kepercayaan publik yang diperlukan oleh Schoenbohm sebagai kepala otoritas,” kata juru bicara itu.

Schoenbohm dituduh dalam acara satire di penyiar ZDF tentang kontak dengan dinas rahasia Rusia melalui asosiasi yang ia dirikan pada 2012 yang dikenal sebagai Dewan Keamanan Cyber Jerman.

Rusia menyalahkan kerusakan atas insiden jet Sukhoi jatuh

Rusia mengatakan pada Selasa, bahwa kerusakan teknis telah menyebabkan sebuah pesawat militer jatuh sehari sebelumnya ke sebuah bangunan perumahan di dekat Ukraina.

Inisiden jet Sukhoi Rusia jatuh itu menewaskan 15 orang dan memicu kesedihan di antara penduduk setempat.

Kecelakaan pada Senin malam memicu kobaran api yang menjulang tinggi di blok perumahan bergaya Soviet.

Pihak berwenang melaporkan kematian ke-15 pada Selasa karena pesawat Sukhoi Su-34 menabrak gedung di Kota Yeysk, yang terletak di seberang bagian sempit Laut Azov dari pelabuhan Mariupol yang dikuasai Rusia di Ukraina .

Serangan Rusia bikin lebih dari 1.100 permukiman di tanpa listrik

Kyiv mengatakan Selasa, bahwa lebih dari 1.100 kota dan desa di seluruh Ukraina telah dibuat tanpa listrik setelah 10 hari serangan Rusia yang menargetkan fasilitas energi di seluruh negeri.

“Dalam 10 hari terakhir, Rusia melakukan sekitar 190 serangan massal dengan rudal, drone kamikaze, dan artileri di 16 wilayah Ukraina dan di kota Kyiv,” kata juru bicara layanan darurat Ukraina, Oleksandr Khorunzhyi.

“Untuk saat ini, 1.162 permukiman di Dnipropetrovsk, Kirovograd, Zhytomyr, Kharkiv, Donetsk, Zaporizhzhia, Lugansk, Mykolaiv, wilayah Kherson tetap terputus dari listrik,” kata Khorunzhyi.

Kremlin mengatakan Putin belum mengakhiri mobilisasi parsial

Presiden Vladimir Putin tidak berencana untuk mengakhiri mobilisasi militer di Rusia meski beberapa wilayah telah menyelesaikan prosesnya.

Hal itu dikatakan Kremlin pada Selasa.

“Untuk saat ini, tidak ada keputusan presiden (mengakhiri mobilisasi),” kata juru bicara Putin, Dmitry Peskov.

Dia berbicara sehari setelah walikota Moskwa Sergei Sobyanin mengumumkan diakhirinya mobilisasi di ibu kota, menutup kantor rancangan kota.

Putin mengumumkan panggilan militer nasional untuk menopang pasukan Moskow di Ukraina pada 21 September, dalam sebuah langkah yang telah menyebabkan eksodus pria dan beberapa ketidakpuasan.

Pekan lalu pemimpin Rusia itu mengatakan dia bertujuan untuk mengakhiri upaya itu “dalam waktu sekitar dua minggu”.

Video tunjukkan 50 meter pipa Nord Stream hancur

Setidaknya 50 meter dari pipa Nord Stream 1 telah hancur atau terkubur di bawah dasar laut, menyusul ledakan yang diduga berasal dari sabotase.

Hal itu dapat terlihat dari gambar bawah air yang diterbitkan pada Selasa.

Sementara itu, polisi Denmark mengatakan inspeksi mereka terhadap pipa 1 dan 2 di zona ekonomi Denmark di Laut Baltik mengonfirmasi kerusakan itu disebabkan oleh ledakan kuat.

Dalam video yang diterbitkan oleh surat kabar Swedia Expressen, pecahan besar dan logam bengkok dapat dilihat di pipa Nord Stream 1 80 meter di bawah Laut Baltik.

Expressen mengatakan video, yang difilmkan pada Senin, menunjukkan bagaimana lebih dari 50 meter (165 kaki) pipa hilang atau terkubur di bawah dasar laut, dan robekan panjang dapat diamati di dasar laut yang mengarah ke pipa yang meledak.

“Hanya kekuatan ekstrem yang dapat membengkokkan logam setebal yang kita lihat,” kata Trond Larsen, operator pesawat tak berawak dengan perusahaan Norwegia Blueye Robotics, kepada Expressen.

Leave a Comment