Rangkuman Hari Ke-238 Serangan Rusia ke Ukraina: Pasukan Moskwa Terus Diserang, Darurat Militer di 4 Wilayah

ruangluas.com – Invasi Rusia ke Ukraina telah memasuki hari ke-238 pada Rabu (19/10/2022) sejak dimulai pada 24 Februari.

Berikut rangkuman serangan Rusia ke Ukraina hari ke-238, sebagaimana dilansir Reuters.

Pertempuran

Rusia memberlakukan darurat militer di empat wilayah Ukraina dicaplok yakni Luhansk, Donetsk, Zaporizhzhia, dan Kherson.

Beberapa penduduk kota Kherson yang dikuasai Rusia mulai mengungsi setelah peringatan serangan membayangi.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengumumkan dewan koordinasi khusus baru untuk bekerja dengan wilayah Rusia guna meningkatkan upaya perang Moskwa.

Situasi di daerah-daerah yang dicaplok Rusia tengah tegang. Pasukan Moskwa di beberapa daerah terus-menerus diserang.

Pihak berwenang yang ditempatkan Rusia di wilayah Kherson berencana untuk mengevakuasi sekitar 50.000-60.000 orang selama enam hari ke depan.

Ancaman nuklir

Kepala Badan Energi Atom Internasional Rafael Grossi berharap untuk segera kembali ke Ukraina, di tengah negosiasi untuk membangun zona perlindungan keamanan di sekitar PLTN Zaporizhzhia yang diduduki Rusia.

Kremlin mengatakan, empat wilayah Ukraina dicaplok Rusia berada di bawah perlindungan persenjataan nuklir Rusia.

Diplomasi

Negara-negara anggota Uni Eropa untuk sementara setuju menjatuhkan sanksi pada delapan orang dan entitas atas dugaan penggunaan drone buatan Iran dalam serangan Rusia di Ukraina.

Ketua Komisi Uni Eropa menyebut serangan Rusia terhadap pembangkit listrik dan infrastruktur lainnya di Ukraina sebagai tindakan teror yang merupakan kejahatan perang.

Menteri Luar Negeri Ukraina mengatakan, dia mengusulkan pemutusan resmi hubungan diplomatik dengan Iran.

Iran menyangkal memasok drone dan Rusia menyangkal menggunakannya.

Tetapi pejabat senior dan diplomat Iran mengatakan kepada Reuters bahwa Iran telah berjanji untuk menyediakan Rusia dengan rudal permukaan-ke-permukaan serta drone.

AS, Inggris, dan Perancis berencana untuk meningkatkan dugaan transfer senjata Iran ke Rusia pada pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB pada Rabu.

Leave a Comment