Rencana Besar Transportasi Publik di IKN: Tanpa Sopir!

ruangluas.com – Pemerintah bakal mengandalkan kendaraan tanpa awak untuk transportasi publik di IKN Nusantara. Hal ini disampaikan Jokowi dalam acara Pre Market Sounding Proyek IKN di Jakarta.

Smart city dan smart living memang menjadi konsep IKN Nusantara. Sumber energi yang dipakai di IKN berasal dari renewable industri.

” Dan 80% sumber energinya adalah berasal dari renewable industri. Mobil di sana nanti harus mobil listrik. Kemudian 80% transportasi umum adalah Autonomous Vehicle tanpa awak dan tanpa sopir,” kata Jokowi, Selasa (18/10/2022).

Pejalan kaki dan pengguna sepeda juga menjadi prioritas di IKN Nusantara. Kota ini akan dibentuk supaya ramah terhadap lingkungan.

“Jadi yang kita hargai di sana adalah pejalan kaki dan pengguna sepeda,” katanya menambahkan.

Aksesibilitas di IKN memberi kemudahan bagi penduduknya. Disebutkan jarak tempuh ke lokasi strategis hanya membutuhkan waktu 10 menit.

“Jarak tempuh kemana-mana hanya dalam 10 menit. Inilah showcase transformasi indonesia. Showcase perubahan peradaban indonesia. Budaya kerja ini kita bangun di IKN adalah budaya produktif,” pungkas Jokowi.

Leave a Comment