Rupiah melemah seiring pasar nantikan hasil rapat Bank Indonesia

ruangluas.com – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Rabu sore melemah seiring pelaku pasar yang menantikan hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia.

Rupiah ditutup melemah 34 poin atau 0,22 persen ke posisi Rp15.498 per dolar AS dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp15.464 per dolar AS.

“Pelaku pasar masih menunggu hasil RDG Bank Indonesia apakah ada perubahan nilai suku bunga,” kata analis Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX) Revandra Aritama saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

RDG BI pada 21-22 September 2022 lalu memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan alias BI-7 Days Reverse Repo Rate (BI7DDR) sebesar 50 bps dari 3,75 persen menjadi 4,25 persen.

Bank sentral juga meningkatkan suku bunga deposit facility dan suku bunga lending facility masing-masing sebesar 50 bps dari tiga persen menjadi 3,5 persen dan 4,5 persen menjadi lima persen.

Dari eksternal, lanjut Revandra, dolar AS mulai agak kalem menyusul laporan inflasi AS yang lebih rendah dari sebelumnya sehingga sentimen kenaikan suku bunga mulai mereda.

“Namun hal ini belum bisa menjadi acuan bahwa USD akan terus melemah mengingat The Fed sebelumnya masih disebut akan agresif melakukan pengetatan moneter untuk melawan inflasi,” ujar Revandra.

Sejumlah pejabat The Fed memberikan komentar hawkish. Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan The Fed dapat mendorong suku bunga acuannya di atas 4,75 persen jika inflasi yang mendasarinya tidak mereda.

Komentarnya datang hanya beberapa hari setelah data menunjukkan inflasi AS tetap keras di dekat level tertinggi 40 tahun meskipun serangkaian kenaikan suku bunga tajam tahun ini.

Sedangkan Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic juga menekankan perlunya mengendalikan inflasi, mengutip tekanan pada pasar tenaga kerja dari kenaikan suku bunga dan harga.

Rupiah pada pagi hari dibuka melemah ke posisi Rp15.466 per dolar AS. Sepanjang hari rupiah bergerak di kisaran Rp15.466 per dolar AS hingga Rp15.505 per dolar AS.

Sementara itu, kurs Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) Bank Indonesia pada Rabu melemah ke posisi Rp15.491 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp15.469 per dolar AS.

Leave a Comment