Satgas Pamtas RI-Timor Leste-Kimia Farma gelar vaksinasi COVID-19

ruangluas.com – Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Timor Leste menggandeng PT Kimia Farma Diagnostika untuk menggelar kegiatan vaksinasi COVID-19 bagi warga di Desa Haekesak, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Vaksinasi secara gratis untuk warga ini sebagai upaya membantu percepatan penanganan COVID-19 di wilayah perbatasan negara RI-Timor Leste,” kata Komandan Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Letkol (Inf)Yudhi Yahya ketika dikonfirmasi dari Kupang, Senin.

Ia menjelaskan vaksinasi dilakukan bersamaan dengan kegiatan pengobatan gratis melalui bantuan obat-obatan yang dipasok PT Kimia Farma Diagnostika.

Yudhi Yahya mengapresiasi antusiasme tinggi dari warga Haekesak, Kecamatan Raihat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang dihadiri sekitar 350 orang.

Ia menjelaskan selain pelayanan kesehatan, pihaknya juga memanfaatkan kegiatan itu untuk melakukan penyuluhan tentang hukum, wawasan kebangsaan, kepada masyarakat setempat.

Upaya ini dilakukan untuk membangun kesadaran masyarakat untuk selalu mentaati hukum seperti tidak melintas perbatasan negara secara ilegal, dan sebagainya.

“Kami berharap selain masyarakat dapat terbebas dari COVID-19, juga memahami pentingnya menjagai berbagai aspek kehidupan di wilayah perbatasan,” katanya.

Ia mengatakan, selain itu pihaknya juga dilakukan penyaluran bantuan bahan kebutuhan pokok untuk membantu pemenuhan kebutuhan dalam rumah tangga masyarakat setempat.

Pelaksanaan kegiatan itu juga melibatkan pihak lain seperti kepolisian, tokoh agama, dan tokoh adat setempat sehingga menjaga bagian dari upaya TNI membangun sinergi untuk bersama-sama menjaga dan memajukan pembangunan di perbatasan, demikian YUdhiYahya.

Leave a Comment

Ruangluas.com