Sudin Kebudayaan Jakarta Utara gelar Festival Keroncong perdana

ruangluas.com – Suku Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Utara menggelar Festival Keroncong Tahun 2022 perdanayang diharapkan dapat dinikmati generasi milenialsehingga kesenian ini dapat terus lestari.

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Utara Rofiqoh mengatakan selain bentuk pelestarian, Festival Keroncong 2022 juga bertujuan membina dan mengembangkan musik keroncong. Sehingga agar tidak melulu dianggap konvensional, setiap peserta dibebaskan mengaransemen ulang musik keroncong menurut versinya sendiri sehingga lebih bisa dinikmati generasi masa kini.

“Kami menggelar Festival Keroncong Tahun 2022 ini dalam rangka melestarikan, membina, serta mengembangkan seni budaya yang memang kita harapkan jangan sampai hilang di generasi milenial. Kita ingin generasi milenial bisa mencintai musik keroncong dengan sentuhan aransemen modern tapi tidak keluar dari pakem genre musik keroncong itu sendiri,” kata Rofiqoh dalam keterangannya di Jakarta Utara, Selasa.

Rofiqoh mengatakan Festival Keroncong Tahun 2022 diselenggarakan selama tiga hari, dari Selasa (18/10) sampai Kamis (20/10) di Hotel Ibis Styles Sunter, Tanjung Priok, Jakarta Utara, dengan berangkat pada ide pelestarian, pembinaan, sekaligus pengembangan musik keroncong tersebut.

Ketua Panitia Festival Musik Keroncong Tahun 2022, Aep Tursaman mengatakan tiga belas grup musik keroncong mengikuti festival ini dengan membawakan satu dari lima lagu wajib dan satu lagu pilihan masing-masing grup.

Hasil penjurian nanti akan menghasilkan lima grup dan lima personel terbaik yang masing-masingnya akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan senilai Rp 25 juta untuk setiap grup terbaik dan Rp 9 juta untuk setiap personel terbaik.

“Jadi ini konsepnya berupa festival bukan kompetisi sehingga tidak ada peringkat pemenang. Setiap peserta kami bebaskan mengaransemen ulang musik keroncong yang dibawakan sehingga menghasilkan musik-musik keroncong yang lebih modern,” kata Aep Tursaman.

Selesai pentas, Vokalis Orkes Keroncong Restoe Iboe, Restoeningroem mengapresiasi Festival Keroncong Tahun 2022 yang diselenggarakan Suku Dinas Kebudayaan Kota Jakarta Utara.

“Festival ini akan memicu penyelenggaraan serupa untuk mengembangkan dan memodernisasi musik keroncong sehingga dapat dicintai seluruh lapisan masyarakat,” kata Restoeningroem.

Dia berharap Festival Keroncong 2022 akan melahirkan generasi-generasi milenial yang cinta musik keroncong dan mampu mewarnai belantika musik keroncong di tanah air.

Leave a Comment