Tak Hanya Manusia yang Butuh Jembatan, Air Juga Dibuatkan Jembatan Penyeberangan

ruangluas.com – Sudah pernah tahu ada sungai di atas sungai? Nah di Jerman ada sungai yang melintas di atas sungai lainnya, tentu dengan bantuan jembatan agar air dari kedua sungai tidak bertemu. Selama ini orang-orang tahunya jembatan itu untuk menghubungkan dua daerah yang terpisah sebuah halangan entah oleh sungai,lautan atau jurang.

Umumnya jembatan dibangun untuk mempermudah manusia menyeberangi halangan tersebut namun apa yang ada di Jerman ini berbeda dari biasanya. Jembatan dibangun spesial untuk mengalirkan air kanal melintasi sungai lain yang ada di bawahnya, disebutlah dengan istilah jembatan air.

Namanya adalah Magdeburg Water Bridge, jembatan air yang menghubungkan kanal Elbe-Havel ke Kanal Mittelland sekaligus menjadi simbol bersatunya Jerman Barat dan Jerman Timur kala itu. JEmbatan air ini dibangun tepat diatas sungai Elbe dan didesain khusus agar bisa dilewati kapal.

Dengan total panjang 918 meter yang terbagi atas 690 meter jembatan berada di atas tanah dan sisanya berada di atas sungai Elbe menjadikan jembatan ini sebagai jembatan air terpanjang di dunia. Ya, Magdeburg Water Bridge bukanlah satu-satunya jembatan air di dunia.

Jadi fungsinya dibangun jembatan air ini adalah sebagai jalan untuk mengangkut barang-barang dari daerah timur ke barat Jerman. Kapal-kapal besar bisa melintasi jembatan ini pasalnya Magdeburg Water Bridge dibangun dengan lebar 34 meter dan kedalaman 4,25 meter. Tak ketinggalan pula di kanan kiri jembatan juga dibuat jalan yang bisa dilewati pengendara sepeda dan pejalan kaki.

Jauh sebelum jembatan ini ada, kapal-kapal yang hendak mengirim barang dari timur ke barat harus memutar sejauh 12 kilometer melalui sungai Elbe. Rutenya dari Kanal Mitteland turun ke sungai Elbe melalui Rothensee boat lift kemudian menanjak lagi ke kanal Elbe.

Sejatinya pembangunan jembata air ini telah dimulai sejak tahun 1930 namun karena Perang Dunia II jembatan ini baru terealisasi tahun 2003 setelah pengerjaannya dilanjutkan kembali pada tahun 1997. Jika Anda traveling ke Jerman tidak ada salahnya tuh buat mampir ke jembatan unik ini. Banyak wisatawan yang juga datang ke sana buat melihat kecantikan jembatan ini.

Leave a Comment