TMMIN Setop Produksi Vios, Prioritaskan Avanza dan Veloz

ruangluas.com – PT Toyota Astra Motor (TAM) belum lama ini resmi meluncurkan generasi terbaru dari Toyota Vios di pasar dalam negeri.

Mobil sedan besutan Toyota itu merupakan kendaraan completely build up (CBU) alias didatangkan secara utuh dari Thailand. Berbeda dari generasi Vios sebelumnya yang dirakit dan diproduksi oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN ).

Direktur Corporate Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam memastikan bahwa TMMIN sudah tidak memproduksi dan berhenti ekspor Toyota Vios.

Pemberhentian produksi Vios ini, menurut Bob, disesuaikan dengan permintaan pasar yang saat ini lebih cenderung kepada Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) atau Sport Utility Vehicle (SUV).

“Untuk Vios, TMMIN tidak ekspor lagi, kita sudah setop produksi, diganti produk lain. Saat ini kita harus prioritaskan model-model yang domestik dan ekspornya bagus. Untuk sekarang kita ada Veloz dan Avanza yang diekspor, bahkan ekspor kita tahun ini naik persen 61 persen,” ucap Bob saat ditemui di wilayah Jakarta Pusat, Selasa (18/10/2022).

Bob menambahkan, saat ini kapasitas produksi di TMMIN terbatas sehingga pihaknya harus melakukan prioritas produksi agar bisa memenuhi konsumen.

“Kapasitas kita memang mentok, akhirnya kita harus pilih. Kita prioritaskan model-model kapasitasnya terus berkembang. Seperti LMPV, ke depan itu yang marketnya tumbuh, diperkirakan akan expand terus,” kata Bob.

Tak hanya fokus memproduksi model LMPV, Bob melanjutkan, ke depannya pabrik TMMIN di Karawang akan memprioritaskan untuk produksi model-model elektrifikasi Toyota.

“Ke depannya kita akan prioritaskan model-model elektrifikasi. Segera, doakan saja,” kata dia.

Leave a Comment

Ruangluas.com